Saturday, June 18, 2022

Cara merawat kelinci di Indonesia

Indonesia adalah negara tropis yang humid sehingga sebenarnya kurang cocok untuk tempat tinggal kelinci karena kelinci aslinya hidup di tempat yang sejuk. Namun, kelinci yang lahir di Indonesia tentu saja bisa menyesuaikan diri dengan udara di sini walaupun mereka tetap lebih suka tempat yang sejuk.


Hal ini terjadi karena kelinci tidak bisa berkeringat seperti kita manusia. Jadi, mereka lebih prefer di udara yang sejuk.

Kelinci memiliki cara yang unik untuk membuat tubuh mereka tetap dingin dan menghindari panas. Jika kita lihat lebih seksama pada kuping kelinci, maka kita dapat melihat pembuluh darah yang banyak di kuping mereka. Dengan pembuluh darah tersebut, kelinci dapat bertahan dari panas. Jika diperhatikan, kuping kelinci memiliki bulu paling sedikit daripada anggota tubuh mereka yang lain. Hal ini dikarenakan kelinci menggunakan pembuluh darah di kuping mereka untuk mendinginkan tubuh mereka. Angin yang bertiup melewati kuping mereka akan membuat pembuluh darah mereka dingin. Dari pembuluh darah di kuping kelinci, mereka dapat menghantarkan dingin tersebut ke seluruh tubuh kelinci. Selain itu, melalui cara bernafas kelinci yang cepat juga mereka dapat mendinginkan tubuh mereka. Unik ya?

Kelinci yang dipelihara di Indonesia sebaiknya diletakkan di tempat yang sejuk. Paling baik tentu saja di dataran tinggi seperti Bandung, Puncak, Malang dan juga Batu. Namun, jika kita tinggal di kota seperti Jakarta dan Surabaya, kita dapat memelihara kelinci di dalam ruang ber AC seperti di dalam kamar. Jangan meletakkan kelinci di luar ruangan (outdoor) seperti di taman ataupun di depan rumah karena sangat berbahaya untuk kelinci.

Jika kamu tertarik ingin memelihara kelinci di Indonesia, maka hal ini perlu kamu perhatikan.

Bagaimana jika tidak ada AC di rumah? Bisa meletakkan kelinci di ruangan yang sejuk yang tidak terkena sinar matahari secara langsung. Lalu, letakkan kipas di ujung ruangan untuk membuat udara lebih sejuk dan tidak panas. Selain itu, bisa juga membelikan kelinci Cooling Pad seperti di link ini dan juga ini. Alas dingin seperti ini akan sangat disukai oleh kelinci karena dapat membantu mereka agar merasa lebih sejuk di ruangan yang tidak ber-AC. Aku sangat merekomendasikan produk ini bagi bunparents. 🤗

Udara humid di Indonesia juga menjadi pemicu yang sangat cepat bagi perkembangan scabies pada kelinci. Scabies sangat mudah tumbuh dan berkembang biak di udara yang lembab, karena itu penting sekali membersihkan toilet kelinci secara rutin dengan disinfectant khusus kelinci seperti Rodalon dan Spectaral. Dua larutan ini sangat ampuh digunakan saat wabah sedang berlangsung. Berhati-hatilah agar tidak tercium dan terjilat oleh kelinci. Biasanya aku akan memindahkan kelinci ke tempat lain jika area main mereka sedang aku bersihkan. Penggunaan dua disinfectant ini sangat aku rekomendasikan jika kalian memiliki anabul di rumah. 

Tidak hanya scabies, udara yang lembab juga membuat kelinci lebih sering molting alias merontokkan bulu mereka. Sisir bulu kelinci secara rutin menggunakan sisir dengan bantalan seperti ini atau ini. Bisa juga menggunakan sisir lurus seperti di link ini dan juga ini. Dua design sisir ini sangat berguna untuk sehari-hari jadi aku sangat merekomendasikannya. ☺️

Kelinci yang dirawat dengan baik akan hidup sehat dan bahagia. Kelinci yang bahagia akan sangat lucu, manja dan dapat mencari kita untuk minta sayang. Menurutku pribadi, kelinci adalah hewan yang sangat lucu dan manis. Mereka sangat suka makan dan juga disayang, karena itu sayangilah mereka yah. 🙏🏻🐰 
















No comments:

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok