Search This Blog

TRANSLATE THIS BLOG

Friday, March 08, 2024

REKOMENDASI HAY UNTUK KELINCI

Hai teman-teman sesama pecinta kelinci. Kelinci adalah hewan yang sangat lucu dan menggemaskan, tetapi banyak dipelihara dengan asal-asalan oleh orang Indonesia. Banyak orang Indonesia yang memperlakukan kelinci dengan kasar dan memberi makan dengan cara yang salah. Jikalau seperti itu, maka sama saja dengan menyiksa kelinci, bukan merawat mereka dengan baik.

kelinci

Bagi yang belum tau, Timothy hay adalah makanan utama kelinci karena seratnya yang banyak dan bentuknya yang kering sehingga mudah disimpan. Tetapi, banyak sekali orang Indonesia yang masih memberikan kelinci makanan kangkung yang sebenarnya sangat jelek untuk pencernaan kelinci karena kangkung memiliki kadar gas yang tinggi. Kelinci yang diberi makan kangkung biasanya obesitas dan akan mati mendadak.

Banyak sekali orang yang bingung mau membeli Timothy hay karena sulit dicari, padahal sangat mudah sekali loh. Salah satunya adalah dengan belanja di Shopee. Aku sendiri adalah pengguna toko oren untuk membeli makanan-makanan kelinci secara rutin karena mudah dan banyak promonya, hehe.


Beberapa merek dan jenis Timothy hay dengan harga terjangkau yang aku rekomendasikan adalah sebagai berikut. Silakan klik langsung untuk melihat produk.

1. Timothy Hay Best Choice

Timothy hay ini tersedia dalam 2 potongan: 1st cut dan 2nd cut. 1st cut memiliki lebih banyak batang dan 2nd cut lebih banyak daun. Terkadang ada kelinci yang lebih menyukai batang ketimbang daun maupun sebaliknya. Kalau kelinciku di rumah lebih suka yang 2nd cut, tetapi ada beberapa anak titipan yang lebih menyukai hay yang lebih banyak batangnya. Sesuaikan dengan selera kelinci kamu yah.


2. Wohlstand Timothy Hay

Kebetulan Timothy hay yang dijual oleh penjual ini adalah yang potongan 2nd cut, jadi lebih banyak daun. Aku sudah pernah beli beberapa kali juga yang merek ini, dan anak-anak lumayan suka. Haynya selalu hijau dan wangi, tidak banyak daun kering. Mungkin bagi yang ingin mencoba hay merek lain untuk kelincinya bisa mencoba merek Wohlstand ini ya. Aku pribadi sering mengganti merek-merek hay untuk kelinci-kelinci di rumah agar kelinci lebih tidak picky saat memilih makan. Terkadang aku juga mencampurkan beberapa merek hay agar kelinci lebih semangat dan kepo memilih hay saat makan. Ini bagus jika kalian memiliki kelinci yang banyak sepertiku.

Kelinciku ada 16 ekor btw, hehe.


3. Special Hay Timothy Hay 2nd cut

Timothy hay dari merek Special hay ini walaupun 2nd cut tetapi tetap lebih dominan batang ya, jadi kalau kelinci picky mungkin agak kurang doyan. Tetapi, sama seperti anak manusia, kelinci perlu diajari makan berbagai jenis Timothy hay agar mereka tidak pilih-pilih makan. Semisal stok merek tertentu habis kita tidak kesulitan untuk mencari hay.


4. Timothy Hay by Ocean Hay

Hay dari merek ini tersedia dalam 1st cut dan 2nd cut, anak-anak di rumah doyan sekali yang 2nd cut dan kami di sini langganan beli hay merek ini. Di etalase ini, mereka juga menjual Alfalfa hay, tetapi tolong diingat kalau Alfalfa hay hanya boleh diberikan untuk kelinci di bawah umur 3 bulan ya, jika sudah mulai remaja tolong di stop atau berikan hanya sebagai cemilan.


5. Alfalfa King Timothy Hay (bukan Alfalfa Hay ya)

Ini adalah salah satu hay kesukaan anak-anak di rumah selain RHH. Menurut aku, hay ini termasuk yang bagus dan cukup affordable. Jika kelinci kalian hanya 1, maka pengeluarannya lebih sedikit dan bisa membeli hay yang lebih premium untuk anabul di rumah. Alfalfa King menurutku kualitas rumputnya selalu cukup konsisten, hijau dan wangi. Biasa anak-anak di rumah bakal langsung serbu dan makan dengan sangat cepat, hehe.


Ada beberapa merk hay lagi yang lain seperti Rabbit Hole Hay dan juga Small Pet Select. Dulu sebelum kelinciku sudah steril seperti sekarang, aku sering beli dua merk ini, tetapi karena harganya cukup mahal jadi aku beli kadang-kadang saja untuk selingan. 

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok