Saturday, August 01, 2020

Mengapa penting membersihkan Mascara?

Aku yakin pasti kalian jarang sekali (bahkan mungkin tidak pernah) membersihkan tongkat mascara, betul gak? 🤔
Karena aku seperti itu. 😆

Tidak pernah terlintas sebelumnya di kepalaku bahwa membersihkan tongkat mascara itu sepenting ini. Apalagi karena mascara ini aku pakai sendiri, jadi aku pikir tidak masalah jika aku tidak membersihkannya. Ternyata membersihkan tongkat mascara itu banyak sekali manfaatnya dan jika tidak pernah dibersihkan akan berbahaya untuk kesehatan mata.

membersihkan mascara penting


1. Membersihkan tongkat mascara menjauhkan mata kita dari bakteri

Setiap kali kita menggunakan mascara, maka tongkat mascara tersebut akan langsung terpapar oleh bakteri. Apalagi jika kita touch up menggunakan mascara saat sedang travelling, bakteri dapat dengan mudah berkembang biak di tongkat kemudian mencemari satu botol mascara.

Bakteri-bakteri ini dapat membuat mata kita menjadi infeksi seperti pembengkakan, berair, dll. Karena itu, sekarang aku selalu membersihkan tongkat mascaraku setiap selesai aku gunakan untuk mencegah berbagai infeksi yang tidak diinginkan.


2. Mascara dapat bertahan lebih lama

Dengan membersihkan tongkat mascara setiap selesai menggunakannya, maka bakteri akan menjauh karena kita menjaganya supaya selalu bersih. Kondisi tongkat mascara yang bersih akan mempengaruhi kondisi mascara juga. Jika tongkat mascara dihinggapi bakteri dan bercampur dengan mascara, ini dapat merusak tesktur mascara lebih cepat.

Mascara menjadi lebih cepat menggumpal dan teskturnya tidak enak digunakan lagi karena banyaknya bakteri di dalam mascara. Bakteri diketahui dapat merusak tekstur mascara dan membuatnya menjadi lebih cepat harus diganti.


3. Tekstur mascara lebih tidak clumpy

Sejak aku sering membersihkan tongkat mascara sejak rutin, tesktur mascara menjadi lebih baik dan tidak menggumpal. Sikat bulunya juga lebih mudah digunakan ke bulu mataku yang pendek. Hasilnya bulu mataku jadi terlihat lebih natural dan rapi.


4. Perasaan aman

Membersihkan tongkat mascara membuatku merasa lebih aman saat mengaplikasikan mascara ke mataku. Terkadang aku tidak sadar kalau mascara sering membuat mataku berair, dan ini ternyata karena tidak pernah dibersihkan. Mataku juga jadi sering iritasi dan membuatku merasa tidak nyaman. Namun, sejak tongkat mascaraku sering aku bersihkan, mataku juga terasa lebih nyaman dan tidak perih.


Tujuan aku membuat post ini adalah untuk awareness ke kita semua para perempuan pemuja mascara. Aku suka sekali mascara dan tidak bisa hidup tanpanya, karena itu banyak brand mascara sudah pernah aku coba dan tidak ada yang benar-benar berkesan (selain mascara Jepang). Akhirnya aku mengetahui cara lebih baik untuk menggunakan mascara dan mempertahankannya supaya dapat aku gunakan lebih lama.

Satu hal yang biasanya membuat aku ragu untuk membersihkan mascara adalah karena 'sayang' (apalagi kalau mascaranya mahal) which is sekarang kalau aku pikir-pikir agak ridiculous karena aku lebih sayang mascara ketimbang mataku. Mata itu investasi jangka panjang sampai aku tua nanti, jadi aku ingin menjaganya dengan baik.

Dari researchku, aku sempat baca kalau menyimpan mascara kita di dalam kulkas semalaman akan membunuh virus dan bakteri. Namun, pernyataan ini tidak ada kejelasan dan detail lebih jauh. Aku sedikit ragu dengan cara ini, mengingat kulkas suhunya tidak terlalu dingin dan entah kenapa aku merasa kurang efektif juga. Menurutku, membersihkan tongkat mascara akan lebih efektif untuk menjaga kesehatan mata.


“The dark, moist tube is a breeding ground for bacteria,” 
kata seorang optometrist di University of Utah Health’s Moran Eye Center


Selain itu, sebenarnya masa expired mascara setelah digunakan juga hanya berjangka waktu 3 bulan (ada juga yang 6 bulan). Jangka waktu ini sebenarnya cukup singkat, jadi buat aku lebih baik aku membersihkan dan mengganti mascaraku secara rutin ketimbang mataku nanti kenapa-kenapa. 

Apalagi dengan pengalamanku selama beberapa bulan belakangan ini, yaitu: performa mascaraku jadi lebih bagus dan juga hasilnya lebih memuaskan. Selain itu, aku juga merasa lebih tenang saat menggunakan mascara untuk bulu mata bawahku.

Yuk, mulai membersihkan mascara kita! 

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok