Monday, July 20, 2020

Rest in peace Miura Haruma

Beberapa hari yang lalu, aku shock banget mendengar berita mengenai aktor Jepang favorit aku yang baru saja meninggal dunia karena bunuh diri. Ia adalah Miura Haruma. Pertama kali aku melihat dia di film Gokusen 3. Aku masih ingat waktu aku dan Vina fangirling sepanjang film karena suka banget sama karakter dia sebagai Kazama Ren. Sejak itu, aku langsung auto ngfans sama dia karena senyumannya yang manis banget seperti cahaya matahari. Rasanya langsung happy lihat dia senyum, apalagi dimasa-masa aku lagi sedih, jadi bikin aku semangat lagi.




Belakangan ini memang aku uda gak begitu ngikutin dia lagi, tapi dia tetap aktor Jepang favoritku. Karena itu, aku benar-benar gak menyangka tiba-tiba dia meninggal, gantung diri pula. Ah, my kokoro... TT____TT



Kata salah satu team gawat darurat waktu mereka coba menyelamatkan dia dengan memompa jantungnya, sedikit berdetak, tapi setelah itu meninggal. :((((((

Dengar-dengar dari forum fansnya yang di China, si Miura ini kaya stress dibully secara online sama haters dia. Ternyata sejak dia sempat ngtweet waktu kasus perselingkuhan Masahiro, orang-orang banyak yang kira dia belain, tapi menurut aku, maksud dia yasudah jangan dibully lagi karena semua orang pernah buat kesalahan. Tapi apesnya sejak itu dia jadi ikut kena imbasnya. Selain itu, sejak film Attack on Titan, dia kena banyak hinaan karena pada bilang filmnya jelek, padahal itu kan bukan salah dia tapi script writernya. Emang netizen itu kadang kalau ngbully orang gak tau kapan untuk stop, please, apakah mereka gak pernah berbuat salah? Gak ada orang yang gak pernah berbuat salah sama sekali, kita semua ini manusia yang berdosa. Tuhan saja yang gak berdosa tidak menghakimi kita, malah bisa mengampuni. Kenapa kita yang berdosa ini malah tidak belajar hal yang baik dari Tuhan? Malah niru setan.

Ternyata netizen dimana-mana sama aja yah, gak hanya netizen Indo dan Korea yang sadis. :')

Orang-orang beraninya di belakang doank, berlindung dibalik hpnya dan menghina-hina orang lain karena benci dengan kehidupannya sendiri lalu melampiaskannya ke orang lain lewat online. Padahal, itu juga gak bikin kehidupan mereka lebih baik. Yang ada, nambah dosa doank. 

Aku jujur sangat tidak terima Miura Haruma mendadak meninggal gantung diri gini, sedih banget. Aku ngerti banget perasaan dibully dan buat aku hanya orang-orang pengecut yang berani bully orang rame-rame gitu.

Kemarin aku lihat teman baiknya si Shirota Yu nyanyi live sambil nangis-nangis karena sedih dengar berita temannya meninggal. Kata dia, "Saya merasa hancur karena kesedihan, ketakutan dan kekosongan". :(




Aku baca di yahoo.jp katanya Haruma ada meninggalkan buku catatan, diduga sebagai catatan sebelum bunuh diri dan ada beberapa notes dimana ditemukan tulisan "Saya memikirkan kematian". Kemudian penyelidik mulai bertanya ke keluarga, teman-teman dan juga rekan-rekan kerja dia. Sayangnya kebanyakan menjawab tidak tahu dan menduga kemungkinan ada depresi karena kejadian-kejadian belakangan ini yang terjadi di SNS. Salah satu temannya bilang, sudah dua tahun belakangan ini Haruma banyak minum-minum dan bilang, "Aku sangat putus asa dan malah jadi mabuk-mabukan. Aku merasa ada sesuatu yang salah, tapi aku tidak bisa mengubah apapun..."



Cerita orang-orang di sekitar Haruma juga bilang bahwa waktu diumur 20 tahunan dia suka bilang "ingin keluar dari dunia akting". Katanya dia ini tipenya serius banget kalau kerja dan sering memaksakan diri sehingga kelelahan, padahal mental dia ini lemah dan tidak kuat.

Bulan Juni lalu di interview, Haruma bilang dia ingin kerja di luar negeri lalu tersenyum dan melanjutkan bahwa dia memiliki visi pada umur 30. Kalau dipikir-pikir, sepertinya dia memang ada depresi dan tekanan sehingga sudah tidak kuat menanggungnya sendiri.

Sepertinya dia juga punya masalah keluarga karena ibu dan neneknya meninggalkan rumah mereka di Ibaraki dan meninggalkan ayah tirinya seorang diri, lalu tidak pernah kembali. Orang terdekatnya bilang sebenarnya Haruma mau keluar dari dunia akting 10 tahun yang lalu tapi dilarang sama ibunya, katanya ibunya juga suka mengandalkan Haruma untuk urusan finansial. Kasian :( 

Menurutku jahat banget sih orang tua yang melahirkan anak dan jadiin anak sebagai sumber pemasukan uang, atau hidupnya membebani si anak secara finansial. Anak itu kan gak pernah minta dilahirkan, seharusnya orang tua yang bertanggung jawab jika ingin punya anak! Jangan taunya bikin anak doank dan menyalahkan Tuhan. Uda basi banget slogan banyak anak banyak rejeki.

Saat ini, penyelidik sedang berusaha mencari ibunya Haruma untuk diwawancara karena mereka merasa ibunya ini mungkin tahu sesuatu. Yang jelas banyak yang menduga Haruma ini tertekan secara mental sehingga bunuh diri tiba-tiba dan sepertinya bagi dia itu satu-satunya escape.

Kadang kita gak tahu sulitnya kehidupan orang lain, mungkin kita melihat hidup artis itu enak, terkenal, good looking, banyak fans, banyak uang, dll. Tapi aku yakin setiap orang punya kesulitan sendiri yang kita gak tau dan mungkin mereka juga berusaha bertahan hidup seperti kita. Jadi, berkatalah yang baik, karena kamu gak akan tahu apakah kata-kata kamu akan menyakiti orang lain dan membuat mereka tertekan. Perlakukan orang lain (bahkan yang kamu gak kenal) seperti layaknya kamu ingin diperlakukan. 

Remember, karma is a bitch.


Yuk, kita sama-sama refleksi diri dan say no to cyber bullying. Bayangkan sudah berapa banyak korban yang bunuh diri mulai dari Sully, Go Hara lalu Hana Kimura. Mereka pasti punya tekanan mental yang lain, namun dengan melihat komen-komen jahanam dari para netizen pasti semakin membuat mental mereka down.

Mungkin kamu tidak mengerti, namun bukan berarti jika kamu tidak mengerti maka hal tersebut tidak exist. Kalau kamu tidak mengerti mengapa orang bisa punya mental disorders, please edukasi diri dan jangan jadi orang ignorant. Saat ini, sangat mudah untuk mencari informasi, beda dengan jaman dulu sebelum ada internet. Seharusnya orang-orang jaman sekarang lebih pintar karena lebih mudah mendapat informasi. Mari kita gunakan kemudahan ini untuk memperkaya diri kita dan menyebarkan kebaikan.

Dunia ini sudah terlalu toxic, jangan dibuat lebih toxic lagi. :)


Rest in peace Miura Haruma - the sunshine smile :')




- update 24.07.2020 -

Aku dengar ada teori konspirasi mengenai kematian Miura Haruma, jujur waktu pertama kali aku baca di yahoo.jp - aku juga bingung mengapa kok Haruma gantung dirinya di lemari. Namun, aku kira hanya salah info saja atau salah pengetikkan. Nyatanya, sepertinya post yang heboh itu dihapus dan menghilang begitu saja. Jika kalian penasaran mengenai hal ini sama seperti aku, mungkin bisa surfing sendiri karena aku tidak ingin bahas lebih jauh di blog aku. Sampai saat ini, jujur aku masih sangat tidak rela dengan kepergiannya. Something fishy, tapi aku berharap jika benar, pelakunya akan dipenjara selamanya di neraka!

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok