Tuesday, December 04, 2018

Salmon Lemon Cream & Update

Hi guys, apa kabar? Sorry aku sudah lama gak update Blog lagi, bahkan aku juga sudah jarang update Instagram belakangan ini. Semenjak pindah ke UK, aku banyak menghabiskan waktu di rumah bersama suami, jadi terkadang aku lupa untuk update di social media, mungkin terlalu menikmati hidup saat ini.  0:)

Minggu lalu badan aku sempat drop dan ke dokter untuk periksa kondisi tubuh, ternyata aku di-diagnosa dengan Acid Refflux dan UTI (Urinary Tract Infection), menurut dokter tidak berbahaya namun kalau bisa aku harus medical check up dan scan ginjal supaya lebih jelas. Acid Reflux itu seperti Maag atau Asam Lambung, aku gak ngerti kenapa aku bisa kena AR ini tapi kondisi aku minggu lalu parah sekali dan tidak bisa makan karena ingin muntah terus menerus.

Untuk UTI, sebelumnya aku sudah pernah kena penyakit ini sewaktu masih duduk di bangku SMP, tapi aku gak nyangka bakal kena lagi sekarang. Mungkin sejak pindah ke UK aku kurang mengkonsumsi air dibandingkan saat aku di Indonesia, dulu paling tidak aku harus minum 2 liter air setiap hari, sejak pindah ke sini sepertinya bahkan kurang dari 1 setengah liter. 

Minggu ini aku baru memutuskan untuk cek lagi ke dokter karena belakangan ini back pain aku semakin parah, jadi aku takut mungkin ada hubungannya.








Well, mungkin itu dulu saja mengenai kondisi aku belakangan ini. Aku tidak menyangka karena jarang update banyak orang yang menunggu dan wondering kabar & kondisi aku disini. Aku rasa karena belakangan ini sleep disorder aku lagi kumat ditambah dengan kondisi aku yang sedang sakit, mood aku juga jadi sedikit turun, sehingga membuat aku jadi enggan untuk update di Instagram.

Sejak menikah memang post yang aku share di Instagram kebanyakan tentang daily life aku, masak dan juga kegiatan-kegiatan yang aku lakukan di sini. Sangat berbeda yah dibanding dulu? Hahaha

Tentu saja passion aku di Beauty dan Make up masih ada, namun sejak menikah aku lebih sering memasak dan baking ketimbang dandan, otomatis itu menjadi hal utama yang aku share.



Beberapa minggu yang lalu aku sempat membuat voting di Instagram mengenai resep Salmon karena banyak sekali yang DM aku dan bertanya bagaimana cara aku masak Salmon yang enak. Hasil voting yang pertama adalah resep Salmon yang akan aku share hari ini, Salmon Lemon dengan Cream dan Butter dan yang kedua adalah Garlic Salmon. Sebenarnya aku jarang masak resep yang ini karena Mat lebih prefer yang ala jepang, tapi setelah aku masak untuk dia kemarin ternyata dia bilang enak!



Salmon Lemon with Cream and Butter



Tadinya aku kepikiran ingin share resep ini di Instagram saja karena lebih gampang dan tidak terlalu makan banyak waktu. Tapi karena aku merasa agak kurang rapi, jadi aku putuskan untuk share di blog saja, kebetulan aku juga sudah lama tidak nge-post blog, jadi kangen juga.  :)


Biasanya kalau di Indo, aku selalu dibeliin Salmon sama Papa setiap stok di rumah habis. Salmon yang papa beli selalu segar banget dan bisa dimakan mentah untuk sashimi, biasanya papa beli di Jakarta.


Setelah tinggal di Inggris, aku selalu beli Salmon di supermarket seperti Sainsbury's atau Aldi karena dekat rumah, dan aku belum pernah coba beli di Bulring market karena jauh. Biasanya kami beli raw unsmoked Salmon untuk masak, namun kemarin kami tertarik untuk coba Scottish Smoked Salmon karena terlihat segar dan menarik. 




Mat suka sekali makan Salmon, begitupula aku. Terkadang dia bisa menghabiskan semuanya kalau lagi lapar banget, jadi aku tambahan 1 slice salmon lagi supaya kalau mau nambah bisa dan kalaupun sisa bisa kami makan lagi untuk dinner atau esok harinya.





Porsi yang aku masak ini untuk dua atau 3 orang, dan menurut aku cocok banget untuk dimakan dengan nasi hangat.


Sebelum dilumuri dengan garam ada baiknya jika salmon dikeringkan dengan tissue dapur terlebih dahulu. Jika kalian ingin memotong salmon-nya ke ukuran yang lebih kecil juga bisa, atau jika kalian lebih suka dengan bentuk yang lebih panjang, kalian tidak perlu memotongnya menjadi 6 pieces seperti yang aku lakukan di resep ini.


Biasanya aku masak resep salmon ini menggunakan cooking/heavy cream atau lactose free cream (karena aku alergi susu), tapi kalau kondisi perut aku lagi baik biasanya aku masak dengan menggunakan cream. Rasanya lebih yummy, creamy dan wangi-nya sangat sangat menggoda!

Namun karena aku sedang sakit (acid reflux), masih belum sembuh dan masih minum obat, jadinya aku mengganti cream-nya dengan almond milk supaya kondisi pencernaan aku tidak semakin parah. Jika menggunakan cream, warna sausnya akan lebih pekat dan kental, wanginya akan sangat mewah.

Kalau kalian tidak alergi susu dan lactose seperti aku, aku sarankan untuk tetap menggunakan cream karena rasanya sangat berbeda.






Bahan-bahan:

- Salmon fillet, bisa dipotong-potong seperti diresep ini menjadi 6 pieces atau dibiarkan memanjang, tergantung preference masing-masing.

- 1 1/2 buah Lemon, 1 buah untuk diperas (juice) yang setengah diiris-iris untuk garnish.

- 4 siung Bawang Putih, dicincang.

- 1/2 sendok teh Tepung Jagung/Maizena

- 200ml Kaldu ayam

- 50ml White Wine, jika tidak ada di skip saja.

- 100ml Cooking Cream / Fresh Cream, bisa kalian beli di supermarket. Biasanya kalau di Indo aku beli merk Anchor. 

- Butter/Mentega (unsalted / tawar), tidak disarankan menggunakan Blueband.  :v

- Olive Oil/Minyak Zaitun, jika tidak ada bisa menggunakan minyak sayur.

- Salt & Pepper (kalau tidak ada lada hitam bisa menggunakan lada putih).







Persiapan:

1. Peras 1 buah air lemon dan tiriskan.

2. Lumuri Salmon dengan garam dan lada, diamkan selama beberapa menit. 


Cara memasak:

1. Goreng Salmon dengan minyak sedikit diatas wajan yang rata (pan) sampai agak kecoklatan lalu angkat dan tiriskan.

2. Panaskan wajan dengan sedikit minyak dan butter, lalu masukan bawang putih yang telah dicincang, masak sampai harum. 

3. Masukan white wine, 150ml kaldu ayam, sedikit garam dan 1 buah air lemon yang sudah diperas, masak sampai mendidih.

4. Aduk tepung jagung dengan 50ml kaldu ayam lalu masukan ke dalam wajan sambil diaduk untuk membentuk tekstur saus, tambahkan krim, aduk sebentar dan matikan api.

5. Masukan Salmon ke dalam wajan, lumuri dengan saus krim lemon dan tambahkan potongan parsley, sedikit lada hitam dan potongan lemon untuk garnish.



gampang kan resep Salmon Lemon dan Cream nya?



Aku harap penjelasan aku cukup mudah dimengerti, dan memang sebenarnya resep ini mudah banget untuk dicoba, apalagi jika kalian sudah punya semua bahannya. Jangan lupa share ke aku yah kalau kalian sudah coba masak, kalau ada pertanyaan kalian bisa tinggalkan di kolom komentar atau DM aku di Instagram.


Btw, selain Salmon kalian juga bisa menggantinya resepnya dengan Udang, Lobster atau Sea Bass. Selamat mencoba! Happy cooking~!  :D


Kalau kalian ingin mengikuti update seputar kehidupan dan keseharian aku di UK saat ini, kalian bisa follow Instagram aku karena saat ini aku paling sering update di sana. See you!





No comments: