Friday, July 08, 2022

Generasi Miskin Manner dan Tidak Beretika

Kadang bingung gak sih kenapa banyak sekali generasi muda yang menggunakan social media dengan tidak benar? Banyak juga yang display rude behaviour dan cara berpikir yang radikal. 

Gif from memecrunch


Anak-anak ini sering sekali berkata kasar, bersikap tidak sopan, menghina, melecehkan dan juga dengan mudahnya menghakimi orang lain entah dengan mulut mereka atau dengan jari mereka. 


Saking dianggap normalnya sampai-sampai mereka tidak sadar bahwa hal yang mereka lakukan dapat menyakiti orang lain dan juga merusak diri mereka sendiri. 

Yang anehnya, banyak dari mereka merasa bersikap seperti itu adalah 'keren' & lucu. Apalagi, ditambah dengan maraknya penggunaan social media sehingga anak-anak ini semakin liar dengan komentar mereka. 


"ini kan hanya komentar online", pikir mereka. Namun, apakah orang-orang sadar kalau kebiasaan seperti ini jika dibiarkan terus menerus maka bisa mendarah daging dan bahkan secara tidak sengaja diwariskan secara turun temurun? Ini dapat merusak mental dan kebudayaan bangsa. 

Tindakan ini membuat orang-orang di luar sana berpikir, "apakah orang Indo tidak dididik yah?" - netizen Indo sudah cukup terkenal di forum-forum luar, tapi bukan karena prestasi melainkan karena kelakuan yang minus sehingga orang Indo dianggap kurang pendidikan dan rude. 😢 


Pernikahan yang terlalu muda di negara ini membuat banyaknya orang tua yang tidak dewasa, masih kekanak-kanakan dan belum siap mendidik anak. Ini dapat menimbulkan banyaknya anak-anak yang tidak diurus dengan baik. Sehingga, menimbulkan generasi muda yang miskin manner dan tidak beretika (tidak bermoral) karena tidak pernah diajari. Padahal, etika dan manner adalah bekal yang sangat penting untuk bersosialisasi di dunia. 

Saat ini di sekolah yang penting adalah nilai mata pelajaran seperti matematika, fisika, dll. Sehingga, banyak orang tua yang tidak peduli dengan mannerism dan moral dianggap tidak terlalu penting. Padahal, edukasi sejak dini dan pengembangan karakter akan merancang mindset yang lebih terbuka bagi anak-anak yang sedang bertumbuh.

Pelajaran seperti etika, manner dan etiket ini harus diberikan sedini mungkin di rumah agar si anak terbekali dengan baik. Contoh yang paling baik untuk si anak adalah dari orang tuanya sendiri. Sebagai orang tua, alangkah baiknya jika dapat belajar mengembangkan diri dan memperbaiki sikap agar dapat dicontoh si anak. Anak kecil sangat cepat belajar dengan meniru, jangan sampai mereka meniru sifat dan kebiasaan jelek dari orang tua mereka.


Perlu sekali untuk memperhatikan perkembangan si anak dalam berpikir, bersikap dan bertindak. Bagaimana dia bersosialisasi dengan orang lain dan bersikap jika ada hal-hal yang tidak ia harapkan. Ini sangat penting untuk menciptakan generasi muda yang lebih baik di masa depan.

Aku berharap semoga kita bisa lebih baik lagi dan generasi muda dapat lebih aware mengenai hal ini. 















No comments:

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok