Wednesday, May 11, 2022

Kelas Grooming Kelinci

Hai bunparents dimana pun kalian berada. Aku sering sekali mendapat pertanyaan mengenai cara grooming kelinci maupun mengenai service grooming kelinci. Sayangnya, aku tidak bisa membalas semua DM yang masuk ke Instagram-ku dikarenakan kesibukan saat ini. Oleh karena itu, waktu menjadi sangat berharga dan aku ingin menggunakannya sebaik mungkin.


Mungkin teman-teman sudah banyak yang tahu kalau aku memiliki 16 ekor kelinci saat ini. Puji Tuhan semuanya sehat, gembul dan memiliki bulu yang fluffy dan halus. Semuanya karena mereka aku rawat dengan sangat baik dan juga tentu saja cara grooming yang tepat untuk menjaga bulu mereka tetap bagus.

Karena itu, dalam kesempatan ini aku ingin membuka kelas grooming via Zoom untuk mempermudah jadwal pertemuan. Jika ingin tatap muka boleh saja, namun harus ada sertifikat vaksin 1, 2, dan juga booster ya. Selain itu, harus dalam kondisi yang sehat karena aku sangat menghindari kumpul dengan orang lain.

Selain untuk membantu menyediakan kelas grooming bagi teman-teman sesama bunparents, biaya yang terkumpul dari kelas grooming ini akan digunakan untuk biaya steril anak-anak buluku di rumah. Jadi, selain bisa dapat ilmu dan skill grooming, para bunparents juga ikut membantu program steril anak-anak Bunnybunfamily. 

Di dalam kelas grooming ini, materi yang akan diajarkan adalah langsung ke praktek dan disesuaikan dengan tipe bulu kelinci anabul kalian masing-masing. Ini bertujuan agar groomingnya nanti bisa lebih maksimal untuk Bunny kalian di rumah. 

Kelas ini nantinya akan Casual saja jadi bukan kaya pelajaran gitu karena boring. Di kelas ini aku akan sharing materi yang perlu diperhatikan untuk grooming kelinci sendiri dan langsung praktek ya bersamaan dengan teorinya. 

1. Grooming Short Hair (untuk kelinci Netherland Dwarf, kelinci Lokal, kelinci Rex/Mini Rex) = gunting kuku, kikir, cek kesehatan kelinci, kebersihan kandang & area main kelinci, combing guide, sore hocks, alat-alat Grooming, molting season, pembersihan kuping, kaki, area kemaluan, bokong, dagu dan seluruh badan kelinci. Cara menggendong yang benar, cara handle, dan hal-hal penting lainnya. 

2. Grooming Medium Hair (untuk kelinci Holland Lop) = materi sama seperti yang short hair hanya pendekatannya untuk kelinci jenis Holland Lop. 

3. Grooming Long Hair (untuk kelinci Fuzzy Lop, Anggora, Jersey WOOLY, Lion Head, dll) = materi sama dengan yang 1 & 2 hanya saja lebih dikhususkan untuk kelinci dengan bulu panjang. 


Grooming kelinci tentu saja cara setiap orang berbeda, kalau cara aku bukan cara grooming komersil tapi sebagai orang tua kelinci. Jadi pastinya proses akan jauh lebih detail ketimbang grooming komersil ala pet shop yang biasanya yang penting wangi doank dan kejar setoran. Di sini, kalian akan diedukasi supaya bisa langsung grooming kelinci kalian sendiri dan merawat mereka agar selalu sehat. 

Apakah setelah kelas ini pasti bisa grooming kelinci? Harus bisa! Malah aku berharap yang ikut kelas ini juga bisa grooming-in kelinci orang lain karena banyak sekali orang-orang yang tinggal di daerah sulit sekali dapat akses groomer kelinci. Jadi, daripada pusing lebih baik belajar sendiri.


Untuk harga kelasnya sendiri aku patok 1.500.000 per course (Bisa pilih 1,2/3). Ini tergolong murah banget loh harganya mengingat dapat menghemat biaya grooming kelinci yang rata-rata 150.000-250.000an dan kadang gak bersih-bersih banget. Kalo belajar sendiri, selain bisa lebih mengerti cara grooming yang mudah juga bisa menambah ilmu perawatan kelinci. Selain itu, kalo sudah biasa dan mengerti bisa membuka jasa grooming juga di kota tempat tinggal masing-masing. 

Course ini berdurasi selama kurang lebih 180-200 menit. Bisa dipisah dalam beberapa hari atau langsung kelar dalam 1 hari dengan break. 

Misal kelinci kalian banyak di rumah dan jenisnya berbeda, dan ingin belajar grooming untuk semua jenis kelinci harganya gimana? Karena materi sebenarnya mirip hanya beda pendekatan kelinci maka kalau ingin belajar tiga-tiganya sekaligus harga coursenya aku patok sebesar 2.000.000 yah dengan durasi course yang sama. Yang membedakan adalah karena kelinci dengan jenis bulu beda perlu perhatian yang beda juga dan penanganan yang khusus. 

Kok mahal? Sebenarnya engga sih, karena kelas ini bukan hanya mengajarkan cara sisir sisir dan gunting gunting kelinci saja tapi juga perawatan kelinci secara menyeluruh. Nah ini yang penting dan skill wajib yang perlu dimiliki semua bunparents menurut aku. Kalo sudah cocok dengan bunny dan bakal punya bunny terus I think skill & ilmu ini penting banget. Ini bisa jadi bekal dalam merawat kelinci di rumah supaya sehat dan bersih. 

Tenang saja, nanti pasti diajarin sampai bisa dan mengerti. :) 


Aku tipe yang lebih suka mencegah ketimbang mengobati. Banyak oknum yang tidak terlalu peduli kesehatan bulu & kulit kelinci sehingga sangat mengandalkan obat suntik. Aku pribadi gak gitu suka karena anggapanku kalau terlalu banyak obat itu tidak baik untuk tubuh kelinci. Apalagi secara penelitian kelinci itu tidak tahan dengan kimia yang terlalu banyak. Jadi harapan aku adalah dengan perawatan yang tepat anabul kita akan jarang sakit dan kondisi bulu selalu sehat. 

Bagiku suntikan obat itu jika kondisi sudah sangat amat parah.. 

Mungkin banyak yang gak tau, tapi grooming kelinci itu salah satu hal yang penting dan wajib dalam memelihara kelinci. Kalau tidak mau pusing ya bawa ke groomer tapi ya jangan menuntut hasilnya maksimal dan juga kalian jadi tidak betul-betul mengerti cara merawat kelinci sendiri. 


Kelas ini terbuka bagi siapa saja yang butuh dan aku berharap yang ikut nanti bisa mempraktekkannya langsung kepada kelinci di rumah ya. Grooming kelinci itu salah satu praktek yang fun dan calming menurut aku. Selain baik untuk mindfulness juga baik untuk anabul kita. Yang perlu disiapkan hanyalah waktu untuk grooming dan juga pengetahuan dasar supaya mengerti kenapa begini / begitu. 


Cara daftarnya gimana? Bisa WA ke 082311672918 yah, nanti akan ada admin yang membalas. :) 





No comments:

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok