Friday, May 27, 2022

Jadwal Makan Kelinci

Apakah kelinci butuh jadwal makan? Jawabannya ya dan tidak, tergantung kesibukkan si ortukinci. Kalau menurut orang-orang bule, kelinci harus disediakan unlimited hay setiap hari. Itu benar, tapi bukan berarti semua haynya diberikan ke kelinci sekaligus. Menurut aku lebih ke yang: 'selalu tersedia hay di rumah untuk kelinci', sehingga kelinci punya asupan hay unlimited di rumah.


Kelinci harus selalu makan Timothy Hay terus menerus karena kandungan seratnya yang sangat tinggi sehingga bagus untuk pencernaan kelinci. Karena itu, punya Timothy hay di rumah adalah wajib dan jangan sampai pernah habis.

Banyak yang bertanya kepadaku apakah anak-anak di rumah ada jadwal makannya? Tentu saja ada, supaya mereka makannya teratur dan tidak suka buang-buang makanan.




Jadwal makan kelinci di rumah adalah sbb:

06:00 - Pellet (merk Oxbow) + hay

12:00 - hay

18:00 - Pellet (merk Oxbow) + hay

21:00 - hay

Biasanya sebelum tidur aku akan kasih hay lagi supaya mereka tidak lapar.


Untuk jadwal makan kelinci harus diberikan sesuai waktu yang kita bisa. Semisal kami harus pergi kerja dan pulang sore, maka saat pagi kami akan memberi hay dalam jumlah besar yang cukup untuk bertahan  sampai sore. 

Biasanya kelinci aktif mulai sore hari, jadi jika kita bekerja dari pagi sampai sore, maka berikan hay yang banyak dan juga air minum untuk kelinci bertahan sampai kita pulang. 

Jangan sekali-kali meninggalkan kelinci pergi keluar kota selama beberapa hari. Kelinci bukan reptil yang bisa ditinggal. Mereka perlu perhatian dan makan yang terjadwal supaya asupan hay tetap ada. Carilah Bunny hotel yang terpercaya untuk menjaga kelinci kalian selama kalian pergi. 

Yang terpenting adalah hay, hay dan hay. Untuk jadwal bisa mengikuti jadwal kita masing-masing jadi tidak perlu harus mengikuti satu patokan. Tentukanlah jadwal yang nyaman untuk diri sendiri dan kelinci di rumah. 

Memelihara kelinci adalah komitmen jangka panjang, jadi sebelum membeli pikirkanlah baik-baik dengan matang. 








No comments:

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok