Saturday, February 26, 2022

Apakah Kelinci Adalah Hewan Peliharaan Yang Baik?

Kelinci adalah hewan yang cukup populer untuk hewan peliharaan karena bentuknya yang lucu dan menggemaskan. Mengapa tidak, selain rupanya yang imut, kelinci juga memiliki tingkat intelektual yang cukup tinggi dan memelihara kelinci akan menjadi pengalaman yang sangat menguntungkan.


Seperti pengalaman aku sendiri, kok bisa sampai 17 ekor? Ya karena aku jatuh cinta kepada kelinci. Haha

Kelinci memang tidak seperti anjing dan kucing, karena kelinci adalah kelinci! Kelinci memiliki keunikan sendiri yang membuat aku jatuh cinta kepada mereka.

Apakah kelinci adalah hewan peliharaan yang baik?

YA : Jika kamu adalah orang dewasa yang penyabar, lembut, telaten, pengertian, bekerja dari rumah, suka ketenangan, dan tidak masalah jika agak sedikit berantakan.

TIDAK: Jika kamu suka memperlakukan hewan seperti bayi (digendong, unyel2, dll), kasar, cuek, jarang di rumah, bosenan, dan kurang sensitif.

Kelinci adalah hewan yang tidak suka didominasi dan dikejar-kejar. Mereka agak sulit didekati karena insting mereka sebagai hewan 'prey' di mana mereka harus melindungi diri mereka dari ancaman predator. Karena itu, untuk mendekati kelinci dan mendapat kepercayaan mereka sepenuhnya membutuhkan waktu yang cukup lama. Sangat berbeda dengan anjing yang senang dekat dengan manusia. 

Kelinci juga membutuhkan space di mana mereka bisa bermain dan exploring sendiri. Mereka bukanlah hewan yang suka di kurung karena mereka mudah sekali bosan. Mereka suka ditemani dan dielus, namun mereka tidak suka digendong! 

Jadi, bagi orang-orang yang berpikir bahwa kelinci suka digendong seperti boneka itu salah besar. 

Menurut aku, sebelum pelihara hewan kita harus bertanya kepada diri sendiri dulu. Hewan apakah yang akan cocok untukku? Cari tahu dulu karakter hewan tersebut, kebiasaannya, apa yang dia butuhkan, apakah cocok dengan gaya hidup kamu? Jika semua 'check' ☑ maka pertanyaan selanjutnya adalah:

Apakah bisa saya berkomitmen untuk memberikan mereka yang terbaik dan merawat mereka jika sakit?

Apakah keuangan saya cukup untuk memenuhi semua kebutuhan mereka? 

Memelihara hewan sama dengan memiliki anak bayi, sama-sama perlu komitmen jangka panjang dan membutuhkan uang yang tidak sedikit.

Jadi sebelum memutuskan untuk membeli kelinci dan hewan apapun, pertimbangkan dulu baik-baik dan jangan impulsif karena mereka adalah makhluk hidup, bukan mainan. 


Salam pecinta kelinci 🐰 



No comments:

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok