Thursday, February 07, 2019

Sweet & Sour Chicken Recipe

Minggu lalu saat kami sedang berbelanja, aku bertanya ke Mat, "kamu mau gak kalau aku masak Ikan asam manis?". Lalu Mat jawab, "kalau Ikan, diapain aja kayanya aku bakal suka".





Hari itu, kami hanya pergi berbelanja ke Aldi Store karena sudah sore, biasanya kami membeli Ikan di Iceland Food Warehouse karena lebih banyak pilihan. Kebetulan aku ada bahan untuk membuat saus Asam Manis, biasanya kalau dengan Ikan rasanya mungkin akan lebih enak. Namun karena kami agak kesulitan dapat Ikan hari itu, aku memutuskan untuk beli Dada Ayam saja, selain mudah didapat juga harganya lebih murah. 




Aku sempat ragu apakah Mat akan suka, namun aku senang memasak berbagai macam jenis makanan untuknya, dan walaupun dia kurang suka, biasanya dia tetap akan makan.





Ternyata Mat malah sukaa sekali dengan Ayam asam manis yang aku masak, kata dia: "enak banget!". Aku juga suka sekali karena rasanya segar, mild dan pastinya sehat karena masakan sendiri.








Aku share masakan ini di Instagram seperti biasa, dan langsung beberapa orang minta resepnya. Nah kali ini aku bakal share resepnya disini dan cara masaknya juga, gampang kok, tapi ada beberapa bahan yang perlu kamu persiapkan.  :)



Bahan-bahan saus:

- 1 sendok teh tepung maizena.

- Nanas dipotong-potong, jumlahnya sesuai selera saja

- 1 1/2 cup jus nanas asli

- 1/2 buah wortel dipotong-potong panjang dan tipis, kurang lebih 3cm

- 2 sendok makan Wine Vinegar (yang putih) atau cuka putih

- 2 sendok makan gula

- 1/2 sendok teh garam

- 1 cup Jus tomat


Bahan-bahan menumis:

- 2 sendok makan olive oil

- 1/2 jempol jahe, dicingcang panjang-panjang

- 2 siung bawang putih dipotong lebar dan tipis-tipis

- 1 buah bawang bombay, potong-potong besar

- 1 buah paprika merah, potong-potong

- 1 sendok makan tepung maizena dan 2 sendok makan air, jika hasil akhir masih kurang kental

- Garam/micin/gula sesuai selera


Bahan rendaman untuk ayam:

- 410gr dada/paha ayam dipotong-potong dadu, aku pakai dada ayam

- 1/4 sendok teh garam

- 1 sendok makan kecap asin

- 1/2 sendok teh merica putih bubuk

- 1 sendok makan tepung maizena

- 1 sendok makan Shaoxing Wine



Persiapan: 

1. Masukan semua bahan rendaman ayam dalam 1 mangkuk, aduk dan diamkan sebentar.

2. Panaskan minyak di wajan dan masukan ayam, masak hingga matang dan tiriskan.









Cara memasak:

1. Campur jus nanas, wortel, white wine vinegar, gula, garam secukupnya, jus tomat dan 1 sendok teh tepung maizena dalam panci, panaskan sampai mendidih dan matikan.

2. Dalam wajan yang besar, panaskan minyak dan tumis bawang putih dan jahe sampai harum.

3. Masukan bawang bombay dan paprika, tumis sampai harum.




video dari IG Story aku


4. Tuangkan saus asam manis (no.1) dan Ayam ke dalam wajan, aduk-aduk dan campur semuanya sampai semua ayam sudah terlumuri saus.

5. Tes sedikit rasanya dengan sendok, jika kurang asin bisa tambahkan lagi garam, jika kurang gurih bisa tambahkan sedikit micin, jika kurang manis bisa tambahkan sedikit gula. Aku gak kasih takarannya supaya kalian bisa adjust sesuai selera masing-masing sebelum siap disajikan.

6. Saat sudah mendidih, masukan campuran tepung maizena dan air untuk mengentalkan kuah jika dirasa masih kurang kental. Ini optional karena ada yang tidak suka kuah kental dan ada yang suka kuah kental.

7. Ayam saus asam manis siap disajikan.



Minggu lalu ada yang DM aku dan snap foto Gyudon hasil masakannya dengan resep aku, aku senang sekali kalau banyak orang jadi senang memasak dan dapat menikmati hasil masakannya sendiri. Selain itu ada juga yang berhasil bikin kue cokelat dengan resep super gampang dari aku, semoga tetap semangat semuanya. Selamat memasak!

No comments: