Monday, January 07, 2019

Gyudon (Beef Bowl) ala Yoshinoya (Spicy)

Dari bulan lalu, aku dan Mat kangen banget ingin makan Gyudon. Semenjak Yoshinoya dan Sukiya buka di Indonesia, aku sering sekali makan di sana setiap kali gak tau mau makan apa. Apalagi jika sedang ada job event di mall dan aku diharuskan untuk stand by selama beberapa jam, biasanya Gyudon selalu menjadi pilihan pertama.


Alasannya: lebih sehat ketimbang McD dan tentu saja enak!


Gyudon atau Beef Bowl adalah makanan cepat saji yang sangat populer di Jepang. Isinya adalah nasi dalam mangkuk dengan lauk daging sapi tipis yang lezat diatasnya, terkadang bisa ditambahkan juga telur ayam mentah atau setengah matang.









Semenjak pindah ke Inggris aku menjadi ibu rumah tangga yang selalu dengan senang hati masak untuk membahagiakan perut suami. Sebelumnya memang aku sudah hobby masak dan sering masak di rumah, namun sejak menikah masakan aku menjadi lebih beragam daripada sebelumnya.


Bagi kalian yang follow IG aku pasti sering lihat aku post makanan-makanan di IG Story. Aku sempat share cara masak Gyudon waktu lagi iseng dan ternyata banyak yang suka. Tapi karena aku gak bikin proper post, aku gak jadi masukin ke highlight.


Nah kali ini aku akan share ke kalian cara masak Gyudon yang se-simple mungkin supaya kalian bisa masakin untuk keluarga, pacar atau suami kalian juga. :)




Oia Gyudon yang aku masak biasanya agak sedikit pedas karena aku dan Mat sama-sama suka makanan yang ada sedikit sensasi pedasnya. Kalau kalian tidak suka pedas bisa di skip cabai bubuknya.





Resep Gyudon (Beef Bowl) ala Yoshinoya PEDAS

untuk 2-3 orang


Bahan-bahan:

  • 2 1/2 sendok makan Kecap asin Jepang (merk Kikkoman atau Yamasa)
  • 2 sendok makan Mirin
  • 1 sendok makan Gula
  • 1 sendok makan Sake
  • 230ml Dashi atau kaldu ikan, kalau tidak ada bisa diganti dengan kaldu sapi
  • Daging sapi Wagyu/US tipis 350gr, jika tidak ada bisa menggunakan daging sapi biasa yang diiris tipis-tipis. 
  • Bawang Bombay 2 buah dipotong sesuai selera
  • 1 sendok makan cabai bubuk korea (Gochugaru)

Untuk bahan-bahan diatas lebih mudah jika dicari di supermarket yang menjual barang import seperti The F**d Hall, F*rmer's Market, dll.




Cara memasak:

1. Masukan kecap asin, mirin, gula, sake, dashi dan cabai bubuk ke dalam panci anti lengket dan panaskan dengan api sedang, tutup dengan tutup panci dan diamkan selama beberapa menit.

2. Saat sudah mulai mendidih, masukan bawang bombay yang sudah dipotong-potong dan tutup panci sebentar selama 1 menit supaya meresap.





3. Masukan daging sapi ke dalam panci, aduk-aduk, tutup dan diamkan sampai daging sapi matang. Saat daging sapi berubah dari warna merah ke cokelat, segera matikan dan siap dihidangkan diatas nasi putih hangat.







Catatan kecil:

  • Bagi yang muslim, untuk pengganti Mirin dan Sake bisa menggunakan air perasan jeruk nipis atau lemon sebanyak 2 sendok makan, dan lebihkan takaran gula sebanyak 1/2 sendok makan.
  • Yang suka rasa Gyudon di Sukiya (lebih manis ketimbang Yoshinoya) bisa tambahkan lagi takaran gula sebanyak 1/2 - 1 sendok makan, JANGAN menggunakan kecap manis!
  • Sebelum mengiris daging sapi, lebih baik dimasukan dulu ke dalam freezer selama beberapa jam. Daging yang agak beku lebih mudah untuk diiris tipis tipis.
  • Gyudon sangat cocok untuk dibawa sebagai bekal ke sekolah dan ke kantor karena walaupun sudah dingin rasanya tetap enak dan lezat, selain itu tentu saja sehat!


Selamat memasak!

No comments: