Tuesday, July 05, 2022

5 Sayur Kesukaan Kelinci

Anak-anak di rumah suka sekali makan sayur dan selera mereka cukup beragam. Sayur boleh diberikan kepada kelinci sebagai cemilan dan tidak boleh untuk menggantikan hay. Ingat, hay adalah makanan utama kelinci!


Yang perlu dicatat adalah tidak semua sayur bagus untuk kelinci dan tidak semua sayur kelinci doyan. Jika disebutkan satu per satu maka akan banyak sekali, jadi di post ini aku hanya akan share 5 jenis sayur kesukaan kelinci-kelinci aku di rumah. 

Oia, jangan lupa kalau sayurnya harus dicuci berkali-kali sampai bersih yah! 




Bokchoy
image from Adobe stock

1. Pak Coy/Pok Coy/Bok Choy
Sayur ini bentuknya seperti sendok sayur yang besar. Daunnya yang berwarna hijau tua ini bagus untuk kelinci dan mengandung serat yang baik. Selama ini, anak-anak tidak pernah ada yang sakit ataupun mencret karena makan pak coy, malahan mereka doyan banget. 
     Kelinciku tidak suka makan batangnya, jadi biasanya aku hanya berikan daunnya saja sebanyak maksimal 5 daun untuk 1 kelinci. 





Image from unsplash

2. Kale
Sayur berdaun keras dan keriting ini disukai kelinci karena teksturnya yang crunchy. Sayur ini sangat bagus dan sehat bagi kelinci untuk diberikan sebagai cemilan. Biasanya aku kasih maksimal 2 daun besar sebagai cemilan dengan sayur-sayur lain untuk variasi. 




Image from cava

3. Daun ketumbar/wansui/coriander leaves
Wanginya yang harum sangat disukai kelinci. Mereka suka makan batangnya juga karena tipis dan halus. Faktanya, anak-anak di rumah selalu menggila jika aku berikan daun ini. 😂




Image from canva

4. Parsley/peterseli
Ini adalah salah satu daun yang disukai anak-anak, tapi tidak segila pada wansui. Harganya lebih terjangkau dari wansui dan biasanya dapat lebih banyak jumlahnya dengan harga yang sama. 





Image from pngtree

5. Seledri
Daun yang satu ini lumayan disukai oleh kelinci, namun terkadang ada juga kelinci yang tidak terlalu doyan rasanya. Bisa diberikan supaya kelinci dapat variasi gizi yang lebih baik. Batangnya boleh diberikan boleh tidak karena tidak semua kelinci suka makan batang sayur. 


Sebenarnya ada beberapa lagi sayur-sayur yang aman untuk kelinci. Namun, dari semua yang pernah aku kasih mereka paling suka 5 sayur di atas. Selain sehat, sayur-sayur di atas juga dapat membuat kelinci senang dan tidak bosan dengan makanan yang sama terus menerus.















No comments:

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok