Thursday, June 02, 2022

Kesempatan Tinggal Di Luar Negeri

Tinggal di luar negeri tentu saja sangat appealing bagi kita yang merasa bosan tinggal di Indonesia. Entah karena merasa tidak cocok dengan orang-orangnya atau budayanya yang terlalu konservatif. Selain itu, orang awam kerap berpikir bekerja di luar negeri akan mendapatkan gaji yang jauh lebih besar daripada bekerja di Indonesia sehingga pindah ke luar negeri menjadi keinginan banyak orang terutama kaum muda.


Banyak sekali teman-teman yang sering bertanya kepadaku mengenai pengalaman tinggal di luar negeri dan juga kesempatannya. Ini karena aku pernah tinggal di Melbourne, Australia dan juga Birmingham, Inggris selama beberapa saat. Memang kalau mau jujur, suasana di luar dengan di Indo sangat berbeda karena perbedaan musimnya, selain itu, bagi yang jarang melihat wajah orang caucasian mungkin akan merasa aneh pada awalnya.

Untuk tinggal di luar negeri juga harus ada tujuannya, salah satunya misalnya sekolah di luar negeri. Belajar di negara seperti Amerika, Australia dan Inggris memang menjadi destinasi yang populer bagi warga Indonesia karena banyak sekolah yang bagus di sana. Sekolah memang menjadi sarana yang mudah untuk langsung bisa merasakan tinggal di luar negeri karena kamu akan mendapatkan student visa. Student visa ini biasanya ada masa berlakunya sampai lulus kuliah, namun dengan visa tersebut kamu bisa tinggal dengan legal di negara yang kamu inginkan.

Namun, jika tujuan utamamu bukanlah untuk study melainkan kerja, maka akan lebih sulit apalagi sejak pandemi. Mencari pekerjaan di luar negerti tidaklah mudah apalagi melalui jalur legal karena banyak persyaratan yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Kecuali, jika profesi kalian adalah profesi yang extra ordinary maka akan lain ceritanya. Misalnya dokter dan juga tenaga ahli kesehatan sampai sekarang masih dicari.

Jika kamu berhasil mendapatkan perusahaan luar negeri yang dapat menjamin kamu maka tentu saja segalanya akan jauh lebih mudah.

Selain itu, cara lainnya adalah dengan menikah dengan warga lokal. Banyak sekali orang Asia yang menikah dengan penduduk lokal supaya dapat langsung tinggal di luar negeri dengan cara instan. Ada yang hanya pura-pura menikah, tapi ada juga yang sungguhan.


Karena itu, tinggal di luar negeri memang tidak semudah itu kecuali kamu bersekolah dahulu di sana dan kemudian melanjutkan untuk mencari pekerjaan di negara tersebut. Mencari pekerjaan di luar negeri juga tidak mudah karena kita harus bersaing dengan orang-orang lokal dimana mereka biasanya prefer untuk memperkerjakan orang lokal ketimbang luar. Bukan berarti hal ini tidak mungkin karena apa saja bisa terjadi di kemudian hari.

Namun, jika ada yang bertanya kepadaku maka aku akan menjawab dengan jujur supaya tidak meninggikan harapan orang yang bertanya. Jawabannya, sulit dan akan menghabiskan banyak waktu juga pikiran. Apakah sudah siap? Jika siap, maka semangat dan jangan menyerah! :)

No comments:

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok