Monday, March 21, 2022

Tanaman Hias Pertamaku dan Sedikit Cerita

Jujur, aku bukan tipe orang yang suka berkebun karena aku takut cacing dan serangga. Bisa dibilang aku geli banget. Karena itu, aku tidak pernah mencoba menanam bunga padahal aku suka banget bunga. 

Namun, sejak punya rumah sendiri aku jadi tertarik untuk punya tanaman karena selain bagus untuk udara juga dapat mempercantik rumah. Sehingga, aku memberanikan diri untuk terjun ke dunia tumbuhan walaupun berarti aku pasti harus kotor-kotoran. 


Tadinya aku ingin beli tanaman palsu, bahkan sudah membuat wishlist apa saja yang mau aku beli beserta dengan bunga-bungaan palsu untuk mempercantik rumah. Akhirnya malah gagal semua karena aku memutuskan untuk beli tumbuhan asli!

Ternyata, berbeda sekali aura yang dihasilkan tanaman palsu dengan yang asli, tidak heran jika mereka memiliki energi yang positif yang dapat mempengaruhi tidak hanya estetika rumah, namun juga mood rumah tersebut.

Seindah apapun rumahku entah mengapa terasa hampa, panas dan juga gersang tanpa tanaman asli...

Saat memutuskan untuk membeli tanaman pertama kami, aku sudah melihat-lihat dulu di marketplace. Tapi, karena takut rusak dijalan akhirnya aku memutuskan untuk cari di Google dan ternyata menemukan ada yang jual tidak jauh dari rumah. Lokasinya ada di Palem Semi, cukup dekat dari rumah. 

Incaran utamaku adalah Peace Lily karena kemampuannya untuk menyerap racun di udara. Aku sangat ingin sekali tanaman ini, tapi saat ke tempat yang jual tanaman ternyata belum berbunga. Agak sedikit kecewa, aku menuju lantai paling atasnya dan menemukan banyak sekali tanaman yang unik-unik.

Akhirnya setelah memilih-milih, pilihanku jatuh kepada beberapa tanaman ini:


Ada Anggrek berwarna pink dan putih, lalu Aglonema ukuran yang cukup besar, Philo Birkin, Cadaca Lasagna dan juga Sansevieria. Kata yang jual, mereka termasuk yang cukup mudah dirawat bagi pemula dan selain itu aku suka sekali dengan bentuknya. 

Mengenai harganya karena ada yang nanya aku di Instagramm, aku share saja yah di sini,

Anggrek = 150.000
Aglaonema Green Bowl = 200.000
Philodendron Birkin = 350.000
Cadaca Lasagna = 225.000
Sansevieria Golden = 125.000

Untuk harga segini jujur aku gak tau murah atau mahal karena aku sendiri juga pemula dalam dunia tanaman hias. Jadi, aku ukur dengan budgetku saja untuk membeli tanaman sehingga tidak terasa terlalu mahal. 

Mungkin bisa dapat yang lebih murah jika ke daerah Bogor ataupun Bandung. Namun, jarak yang jauh, kemacetan jalan, bensin, dll juga jadi banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Kalo aku dan suami prefer yang lebih dekat saja walaupun harganya lebih mahal dikit. Selain jarak, waktu pun tidak ada untuk berpergian sejauh itu untuk membeli bunga. 😌 


Kemudian, aku berpetualang di dunia marketplace seperti Shopee dan Tokopedia karena ternyata bisa toh order tanaman di sana. Iseng-iseng aku coba pesan karena harganya lumayan murah-murah, tapi tentu saja masih kecil-kecil yah seperti bibit. Aku juga tidak ekspetasi terlalu tinggi karena pengiriman lewat ekspedisi biasanya lama dan kemungkinan waktu sampai bisa layu.

Kesalahanku adalah karena aku memberanikan diri untuk order Calathea, ternyata tanaman ini lumayan susah untuk dirawat. Ada yang ngerti gak? Mungkin bisa bantu ajarin aku hehe



Beberapa tanaman hias memang ada yang suka di dalam ruangan dan jarang terkena matahari. Karena itu, beberapa tanaman ada yang aku letakkan di dalam rumah dan dekat dengan jendela. Impianku adalah memperbanyak tanaman hias di dalam rumah agar rumah lebih adem dan udaranya segar.



Setiap hari dan beberapa hari ada tanaman yang harus aku jemur di luar supaya tumbuh lebih bagus. Tanaman juga memang ada yang naturally tahan banting namun juga ada yang sangat manja dan mudah layu. Aku sendiri masih belajar dan butuh masukan dari pembaca jika ada yang mengerti.


Untuk tanaman yang tidak rewel, aku suka sekali dengan Sansevieria karena selain bentuknya yang unik dan cantik, ia tidak rewel. Biasa mungkin orang-orang kenal dengan sebutan lidah mertua, lidah buaya dan lidah lainnya lol.

Apakah kalian juga ada yang hobby dengan tanaman hias? Tanaman apakah yang kalian sukai? Saat ini, aku sedang menunggu tanaman-tanaman Succulent-ku tiba di rumah dan juga beberapa tanaman tahan banting yang ingin ku tanam depan rumah.

Ceritanya, waktu awal pindah tukangku membelikan tanaman melati korea dan ternyata mati karena kami salah perawatan. Saat ini, diganti Aglaonema karena kata yang jual tahan banting. Namun, sudah seminggu di rumah daunnya banyak yang layu dan perlahan dia mulai kering. Aku takut sekali mereka akan mati, jadi aku ingin pindahkan mereka semua ke pot saja dan mengganti tanaman depan rumahku dengan tanaman lain.

Saat ini, tanaman yang baru sudah dalam perjalanan dan aku tidak sabar untuk menggantinya karena Aglaonema cantik sekali. Semoga tanaman yang baru saja aku beli benar-benar tahan banting.


No comments:

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok