Thursday, March 10, 2022

Makanan Utama Kelinci Bukan Sayur & Wortel!!!

Ada banyak sekali miskom terhadap hewan karena film-fillm kartun yang ada untuk anak-anak. Seperti anjing makan tulang dan juga kelinci makan wortel. Padahal, ini informasi yang sangat salah dan sangat berbahaya bagi si hewan.

Kelinci memiliki sistem pencernaan yang unik yang berbeda dengan mamalia lain dan hal ini perlu diingat bagi orang tua kelinci dan juga calon orang tua kelinci. Sebelum memutuskan untuk memelihara kelinci, hal yang sangat penting untuk diingat adalah sayur dan wortel bukan makanan utama kelinci. Memberi makan kelinci wortel dan sayur setiap hari dapat berbahaya untuk kesehatan si kelinci.



Lantas kelinci harus makan apa? Makan rumput!

Rumput segar dan juga rumput yang telah dikeringkan (biasa disebut hay) adalah makanan utama yang cocok untuk kelinci karena memiliki banyak kandungan serat. Kandungan serat yang sangat tinggi di rumput sangat penting untuk kesehatan pencernaan kelinci dan juga giginya. Tanpa kandungan serat ini, maka sistem pencernaan kelinci tidak dapat bekerja dengan baik. Sistem pencernaan kelinci yang unik mengharuskan kelinci untuk terus makan dan kandungan serat yang tinggi membantu makanan di dalam usus untuk terus bergerak. Dengan pergerakan yang lancar, maka si kelinci juga akan pup lancar dan tidak konstipasi.


Untuk pemilihan rumput segar sendiri juga tidak boleh asal memberikan rumput di jalanan. Rumput di jalan terkena polusi, kotoran dan juga banyak serangga-serangga pembawa penyakit yang dapat menyebabkan penyakit pada kelinci. Jika kamu dapat menumbuhkan rumput sendiri di halaman rumah atau di belakang rumah, maka ini lebih baik dan aman untuk kelinci kamu.

Alternatif lainnya adalah dengan membeli rumput kering alias hay. Hay memiliki banyak jenis dan tipe, salah satunya adalah Timothy Hay. Timothy Hay merupakan jenis hay yang paling bagus untuk menjadi makanan utama kelinci karena kandungan seratnya yang sangat tinggi. Selain itu, batang-batang pada Timothy Hay sangat bagus untuk mengikis gigi kelinci yang terus tumbuh.



Namun, hal yang harus kamu perhatikan sebagai orang tua kelinci adalah kelinci sangat suka memilih-milih makanan mereka, terutama hay. Mereka biasanya lebih suka makan daunnya saja dan menyisakan batang-batang Timothy hay. Karena itu, aku sarankan untuk membeli Timothy hay 2nd cut yang isinya memiliki cukup banyak daun ketimbang batang.

Untuk membahas lebih jauh mengenai jenis-jenis Timothy hay akan aku bahas di post lainnya yah.



Kembali ke pembahasan mengenai sayur dan wortel untuk kelinci. Mengapa kelinci tidak boleh makan wortel dan sayur saja setiap hari?

Seperti penjelasanku di atas, kelinci membutuhkan kandungan fiber yang sangat tinggi untuk sistem pencernaan mereka. Karena itu, sayur dan wortel sangat tidak cocok untuk dikonsumsi setiap hari karena kandungan seratnya tidak mencukupi. Selain itu, kandungan gula di dalam wortel sangat berbahaya bagi kesehatan kelinci.

Lalu bagaimana dengan sayuran? Sayuran baik untuk kelinci namun hanya sebagai tambahan bukan sebagai makanan utama mereka. Beberapa sayuran dapat menyebabkan gas yang sangat berbahaya untuk kelinci, karena itu tidak boleh diberikan dalam jumlah besar. 

Kelinci memiliki sistem pencernaan yang sensitif dan lemah. Karena itu, sebagai orang tua kelinci harus sangat memperhatikan asupan makanan mereka. Jika kamu ingin kelincimu hidup lebih lama dan sehat, maka jangan memberikan mereka makanan utama sayur dan wortel setiap hari.

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok