Saturday, March 26, 2022

Gangguan Mental Yang Menyerang Kerja Seluruh Tubuh

Hi manteman, karena banyak yang nanya ke aku mengenai psikiater yang aku temui beberapa hari lalu aku memutuskan untuk membuat postnya di blog. Topik mental health cukup sensitif untukku jadi aku lebih suka bercerita di blog saja. Bagi yang tertarik bisa berkunjung langsung ke blog sehingga yang baca benar-benar yang tertarik dan butuh, bukan yang hanya kepo dan ingin menjudge.


Beberapa hari lalu kondisiku drop sangat parah dan mau tak mau akhirnya aku mencari bantuan ke psikiater. Untuk detail masalahnya tidak aku ceritakan yah karena terlalu panjang dan rumit. Intinya kondisiku sudah memburuk selama kira-kira seminggu dan saat terpuruk itu sangat 'urgent'.

Nah di Indo kondisi urgent kalau mental health sepertinya masih dianggap tidak penting yah, jadi sangat sulit bagiku untuk dapat janji temu di hari tersebut.

Aku memilih ke Siloam Lippo Village karena lokasinya dekat dengan rumah. Hari itu sepertinya sulit bagiku untuk menempuh jarak jauh karena setengah badanku seperti lumpuh. Apalagi dokter yang ingin aku temui memang praktek di Siloam.

Alasan kenapa aku memilih dokter Leonardi adalah karena dia adalah dokter adikku, dan sepengalaman adikku dia cocok dengan dokter ini. Yasudah daripada aku kebingungan mencari dokter yang cocok lebih baik aku coba konsultasi ke yang pasti-pasti saja.

Masalahnya adalah pasien dokter ini sangat banyak dan jadwal dia penuh untuk hari itu (juga beberapa hari setelahnya), yang tersedia hanya lewat zoom saja. Untuk bertemu aku perlu menunggu sampai senin depan dan itu sangat tidak mungkin karena kondisiku sangat parah. Akhirnya aku berbicara dengan cs Siloam untuk meminta jadwal di hari itu dan disarankan untuk booking janji dengan dokter Leonardi lewat aplikasi AidoHealth. Sesi ini via zoom yah dan biayanya 400.000 per konsultasi dengan durasi waktu dari 16:00 sampai 16:15, tidak murah memang.

Semua proses tanya jawab dan booking aku lakukan lewat app Siloam dan Aidohealth ya, so kalau memang kalian butuh bisa di download.


Untuk pembayaran juga via bank transfer virtual account dan setelah pembayaran aku dapat notifikasi jadwal lewat WA, juga link zoomnya. Setelah itu tinggal menunggu saja.


Perlu aku share kalau jadwal konsultasiku akhirnya ngaret sampai jam setengah 8 malam, jujur aku sendiri pun lupa karena badan aku tidak kuat untuk stay awake saat itu sehingga aku ketiduran. Suamiku yang membantu cek jadwal dan berkomunikasi dengan cs Aidohealth saat itu. Aku sendiri juga gak ngerti kenapa bisa ngaret sedemikan parah tapi sepertinya karena pasien dokternya sangat banyak. 

Saat sudah bertemu dan konsultasi juga terlihat wajah si dokter lumayan lelah jadi aku tidak mempermasalahkannya. Yang terpenting aku dapat solusi atas kondisi tubuhku yang tidak baik dan aku bisa berobat dengan dokternya,

Setelah itu, pihak pharmacy Siloam meneleponku untuk konfirmasi pengiriman obat. Itu juga dilakukan via app Aidohealth dan pembayaran lewat transfer bank dengan auto check. Prosesnya tergolong cukup lancar dan mudah jadi tidak usah takut yah untuk mencoba jika kalian butuh. Nah untuk biaya obat tergantung resepnya apa, kalau aku totalnya hampir 700.000 untuk obat saja. Mahal.. LOL

Tapi jujur memang sangat membantu dan membuat aku feel better. Rasanya bisa merasa sedikit lebih normal jadi uang segitu rasanya jadi worth it bila ditukar dengan kesehatanku.

OK, sekian yah shareku mengenai hal ini. Bagi yang butuh bisa di save or di note untuk referensi jika someday butuh ke psikiater. Hanya saja, jika kamu belum pernah ke psikiater sama sekali mungkin bisa coba untuk ke psikolog dulu supaya bisa dapat konselling. Sebisa mungkin jika sanggup jangan ambil obat kecuali memang rekomendasi dari dokter.

Setelah kejadian ini, aku baru sadar kalau kesehatan otak dan pekerjaan kimia di otak sangat penting bagi mesin di tubuh kita untuk bekerja sebagaimana mestinya. Jadi, jangan sekali-sekali menganggap enteng gangguan di mental kita.


Salam sehat!

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok