Tuesday, June 16, 2020

Biaya Tinggal di Inggris

Hi guys, kali ini aku akan tulis post ini dalam bahasa Indonesia karena post ini memang diperuntukkan untuk teman-temanku di Indo. Aku akan sharing secara garis besar saja ya, karena kalau detail akan terlalu panjang. 🇦🇽


Aku tinggal di Inggris sudah hampir dua tahun, jadi post ini mungkin akan dapat membantu kalian yang ingin sekolah, kuliah atau kerja di Inggris karena yang pertama kali kita butuhkan tentu saja adalah akomodasi. Yang berarti, sumber uangnya perlu dipersiapkan.

Inggris termasuk negara yang mahal, jadi budget sangat perlu diperhatikan.

Di Inggris, aku tinggal di Birmingham yang kalau dari London naik train kira-kira 2 jam lamanya. Mungkin seperti Jakarta - Bandung, hanya lebih jauh sedikit. 

Di Birmingham ada universitas besar dan bagus milik pemerintah yang namanya University of Birmingham. Di sini banyak sekali mahasiswa dari luar Inggris yang menuntut ilmu, contohnya dari China dan India, dan tentu saja Indonesia.

Nah, suami aku kuliah S3 di sini, saat ini sudah tahun terakhir dia dan di masa-masa penulisan karyanya.

Tinggal di Birmingham tergolong cukup aman, namun jika malam hari sebaiknya tidak berkeliaran sendirian karena beberapa kali ada terjadi penusukan terhadap mahasiswa di daerah yang agak rawan. Ada teman kami juga sempat mau ditodong saat lewat tempat yang agak gelap. Semua ini kejadiannya kebanyakan di sekitar daerah Selly Oak. Kebanyakan mereka mengincar anak-anak mahasiswa dari luar negeri, jadi sebaiknya kalau keluar di malam hari jangan sendirian dan ketempat sepi.

Selly Oak adalah daerah pemukiman yang banyak sekali menyewakan kamar kost, asrama dan juga flat untuk mahasiswa. Sepertinya hampir 90% yang tinggal di sana adalah student

Di tahun pertama, kami juga tinggal di daerah Selly Oak, yang jujur sebenarnya ada positif dan negatifnya. Positifnya; dekat dengan kampus, banyak supermarket dan restaurant dekat sana, banyak halte bus dan juga ada supermarket Asia. Negatifnya; banyak mahasiswa yang suka mabuk-mabukkan di malam hari, berisik, kotor dan terlalu ramai. 

Waktu di Selly Oak kami dapat flat namun dalam bentuk rumah di lantai bawah. Flat ini ada kamar tidur terpisah, ruang tamu, dapur dan kamar mandi. Selain itu, ada halaman belakangnya yang bisa digunakan untuk menjemur baju atau menikmati pemandangan.

Flat kami yang pertama biaya sewanya £600 per bulan ditambah biaya agency £400 diawal, plus deposit sebesar 1 bulan sewa yaitu £600. Jadi waktu awal biaya yang harus kami keluarkan adalah sebesar £1600 untuk tempat tinggal saja.

Harga sewa £600 tersebut sudah termasuk air dan listrik, namun tidak termasuk internet. Sebenarnya waktu awal kami agak sedikit tertipu karena di perjanjian tertulis termasuk biaya internet, namun landlordnya tidak mau bertanggung jawab.

Saat itu kami tidak bisa apa-apa, jadi yasudah tidak apa kami tetap tinggal di sana. Biaya internet yang kami keluarkan sebesar £20 (biaya pemasangan) ditambah £34 per bulan. Landlord ini agak sedikit cheeky, mungkin kalian bisa cek post balada landlord ini.

Daerah pemukiman Selly Oak


Bagi yang menyukai keramaian dan ingin lebih dekat ke kampus, pasti suka tinggal di daerah Selly Oak. 

Di Selly Oak ada banyak agency housing yang khusus membantu para mahasiswa untuk mendapatkan tempat tinggal. Namun, tidak semuanya bagus. Sepengalaman aku dan suami, yang masih mending itu House Hunt, Oakmans dan juga Unihousing. Tapi itu pun kalian harus tetap hati-hati karena banyak mahasiswa yang suka agak dipermainkan dari segi perjanjian.

Harga sewanya berbeda-beda tergantung yang kita cari. Kalau untuk 1 kamar saja di shared house, harganya bisa lebih murah tergantung ukuran kamar. Ini seperti kamar kos-kosan di Indo gitu yah, rate harganya bisa dari £250-£550 per bulan sudah termasuk biaya internet, listrik dan air. Semakin bagus kamar dan fasilitasnya biasanya akan semakin mahal harganya. Lokasinya juga ngaruh, kalau lebih dekat kampus atau city centre lebih mahal harganya.

Sebenarnya kalau misalkan kemarinya dengan beberapa teman, kalian bisa menyewa 1 rumah dengan beberapa kamar dan patungan biaya sewa. Cara seperti ini dapat lebih menghemat biaya. Namun kalau biaya tidak masalah, kalian bisa mencari kamar yang lebih bagus seperti di Liberty Living dan The recording. Saat ini ada banyak apartemen yang sedang dibangun di daerah Selly Oak dengan fasilitas yang lebih bagus dan modern.

Kalau yang tadi biaya untuk sewa 1 kamar kos-kosan, nah kali ini untuk sewa 1 flat/apartemen sendiri yang lengkap dengan 1 kamar, dapur dan juga kamar mandi. Harganya sekitar £750-£1000++ sudah termasuk dengan biaya listrik, air dan lain-lain. Namun, tergantung jenis kamarnya, jika ada sekat antara kamar, ruang tamu dan dapur, biasanya paling murahnya sekitar £850++.

Selain itu, ada beberapa flat yang belum lengkap di furnish, jadi sebaiknya supaya gak ribet lebih baik cari yang sudah di furnish lengkap dengan mesin cuci, dll.

Ada beberapa flat yang disewakan belum dengan biaya listrik, dan lain-lain. Harganya lebih murah sekitar £650an, namun sebenarnya sama saja karena belum termasuk biaya-biaya lainnya. Puji Tuhan di tahun kedua kami mendapat flat di daerah Harborne dengan biaya £530 per bulan belum termasuk biaya listrik, air dan internet.

Flat kami sangat cozy di sini walaupun tidak ada mesin cuci. Kami dapat flat di lantai 3 dengan jendela besar yang menghadap jalan, jadi kami selalu bisa melihat pemandangan dengan langit yang indah. Di dua flat yang telah kami tempati tidak tersedia televisi, namun tidak masalah karena kami jarang menonton tv.

Perlu dicatat, untuk menonton tv dan live streaming (siaran langsung) apapun secara online maupun lewat tv, kamu perlu membayar tv license secara terpisah sebesar £150 per tahun.

Jujur, aku lebih suka tinggal di daerah Harborne daripada Selly Oak karena lebih sepi, bersih dan pemukimannya lebih elit. Selain itu, dengan berjalan kaki selama kira-kira 7 menit kami dapat ke High Street, dimana banyak sekali toko-toko dan juga cafe untuk nongkrong. :D

Daerah di sekitar tempat kami sekarang, Harborne.


Aku punya teman yang menyewa flat dengan 2 kamar, lengkap dengan dapur dan 1 kamar mandi untuk di share berdua, harganya £750/bulan. Mereka bagi dua supaya lebih ringan biayanya, jadi 1 orang £375.

Untuk proses penyewaan dapat membaca T & C agency yang digunakan, karena terkadang ada yang sedikit berbeda. Baiknya jika benar-benar ingin study di Inggris, bisa kemari dulu dan lihat situasi di kota yang ingin dikunjungi. Jika kamu tidak masalah dengan budget, kamu bisa menyewa asrama yang disewakan kampus, namun harganya biasanya lumayan mahal daripada yang lain.

Jika ingin tinggal di Inggris, cara paling jelas adalah dengan bersekolah di sini karena untuk mendapatkan visa Inggris tidak terlalu mudah.  :)

Kalau kamu bekerja di sini (non student), kamu perlu membayar biaya council tax. Besar biaya tergantung daerah kamu tinggal, rata-rata untuk flat kamu perlu mengeluarkan £1200 per tahun. Ini di luar pajak penghasilan yah, di Inggris pajak penghasilannya cukup tinggi. Selain itu, biasanya untuk pekerja, harga sewa rumah juga berbeda karena rata-rata agency yang di daerah Selly Oak hanya ingin menerima student.


Selain akomodasi, hal yang tidak kalah pentingnya adalah biaya hidup seperti makan, perawatan diri dan juga jalan-jalan. Aku realistis saja karena tidak mungkin kita tidak jalan-jalan dan tidak makan di luar sama sekali, belum lagi untuk belanja atau nonton. Kalau kamu mahasiswa, tentu saja kamu perlu sosialisasi dengan teman-teman.

Sekali lagi aku hanya akan sharing secara garis besar saja karena untuk budget per orang tidak akan sama tergantung lifestyle masing-masing.

Untuk biaya makan saja mungkin jika kamu sangat berhemat, kamu hanya akan menghabiskan £150-£200 saja per bulan. Di sini dengan catatan kamu mostly masak sendiri dan jarang makan di luar, karena untuk beli sandwich saja harganya £5 per paket dengan minuman. Untuk beli makanan fast food sekitar £3-£5 seperti chicken wings goreng dengan kentang. Dan untuk makanan Asia takeaway sekitar £5-£7 per pembelian dengan 1 atau 2 menu lengkap dengan nasi putih.

Jika makan di restoran kecil sekitar kampus, per menu mungkin paling murah £7.50 di restoran chinese food. Ini gak include minuman yah.

Biaya belanja grocery per minggu £50 per orang aku rasa sudah lumayan cukup, mengingat ada supermarket Aldi yang menawarkan harga yang cukup murah di daerah Selly Oak.

Sekali lagi, biaya-biaya yang aku tulis disini hanya kasarannya saja, bisa lebih rendah dan lebih tinggi tergantung lifestyle masing-masing.

Menurut aku untuk hidup yang cukup proper (termasuk kadang makan di luar dengan teman-teman atau nonton), biaya rata-ratanya di lokasi yang strategis sekitar £700-£750 per bulan. Yang kalau di rupiahkan sekitar 12,500,000 - 13,500,000 per bulan sudah termasuk dengan tempat tinggal.

Untuk harga-harga grocery kalian bisa coba cek website supermarket-supermarket di sini seperti Aldi, Sainsbury's, Tesco, Iceland, Asda dan Waitrose. Supermarket paling populer untuk student biasanya Aldi dan Sainsbury's. Btw, kalian bisa cek-cek harga juga kalau misalkan kalian ingin jalan-jalan kesini.

Mungkin next timenya aku bisa bikin post mengenai beberapa supermarket-supermarket di sini kalau ada yang tertarik. Bisa drop DM ke aku di Instagram atau kontak aku untuk request yah.

See you! :)







No comments:

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok