Thursday, February 14, 2019

Fo Guang Shan Taiwan Trip





1 bulan sebelum hari pernikahanku, aku pergi jalan-jalan ke Taiwan dengan keluarga, saat itu kami di sana lebih dari seminggu, cukup lama untuk eksplor berbagai tempat di negara tersebut.


Fo Guang Shan, adalah salah satu destinasi yang populer di Taiwan, biasanya banyak orang-orang dari berbagai negara kemari untuk mengikuti retret dan juga mencari ketenangan diri. 


Waktu itu, aku datang bersama dengan keluarga untuk jalan-jalan, awalnya aku tidak begitu tertarik untuk eksplor, namun ternyata tempat ini sangat tourist-friendly. Di dalamnya banyak sekali hal-hal yang dapat aku lihat dan juga pelajari.









Luas dan megah, mungkin dua kata itu tepat untuk menggambarkan tempat ini. Dari luar, arsitektur gedung-gedungnya khas sekali, ada sisi orientalnya namun terkesan modern. Pohon-pohon dan rerumputan pun tertata sangat rapi, membuat aku merasa tenang saat berada di sana.





Seperti biasa, mengabadikan moment adalah salah satu hal yang aku nikmati saat sedang traveling. Walaupun tidak semua foto aku post di media sosial, namun aku tetap senang menyimpannya untuk kenang-kenangan.









Di dalam Fo Guang Shan ada beberapa Cafe-cafe yang menjual coffee dan juga makanan vegetarian, selain itu ada banyak souvenir-souvenir yang menarik juga untuk dibeli. Aku melihat di Taiwan banyak sekali toko-toko yang menjual makanan dan minuman dari kacang-kacangan dan biji-bijian.


Aku suka sekali dengan kacang-kacangan dan biji-bijian karena sehat dan mengandung protein yang tinggi. Aku juga suka dengan makanan vegetarian, alasannya sih karena aku tidak bisa makan terlalu banyak daging.





Di bagian belakang tempat ini, ada taman yang sangat luas dengan banyak sekali pagoda-pagoda, pohon-pohon yang dipangkas rapi dan juga ada patung Buddha yang sangat besar di tengahnya.


Awalnya sebelum kesana, waktu melihat fotonya di google aku tidak begitu terkejut. Namun saat berada di tempatnya langsung, aku sangat terkesima dengan tempat ini.





Melihat Pagoda, membuat aku teringat dengan satu film jadul yang mungkin hanya anak-anak tahun 80-an yang ingat. Di dalam film tersebut ada adegan dimana siluman ular putih dikurung di dalam Pagoda, film itu sangat populer pada jamannya.






Saat itu, rambut aku masih ada highlight biru di bawah. Jika melihat foto-foto aku dulu sebelum nikah, aku jadi kangen cat rambut lagi. Namun saat ini aku sedang break dulu dari coloring rambut demi memanjangkan rambut. Aku tidak suka menggunakan hair-clip, jadi harus bela-belain untuk panjangin rambut secara alami.


top: Katie
skirt: Ank Rouge
Shoes: Wego
Socks: Tutuanna
Bag: Nine West


Hari itu, coord-ku menggunakan atasan dari Katie, rok dari Ank Rouge, sepatu dari Wego, kaos kaki dari Tutuanna dan tas dari Nine West. Semuanya brand asli dari Jepang kecuali Nine West.


Cuaca sangat lembab dan panas di bulan Juni, walaupun mendung - tidak turun hujan hari itu, dan udaranya juga sangat lengket.







Tamannya rapi dan indah sekali, kalau kalian lihat secara langsung pasti akan mengerti maksudku. Rasanya tempat ini nyaman dan tenang, tidak heran banyak yang datang kemari untuk meditasi dan mencari ketenangan batin.




Kalau kalian telusuri tempat ini, banyak hal-hal yang dapat kalian pelajari disini, terlepas dari sisi agamais. Banyak hal-hal filososif dan nilai-nilai kehidupan yang dapat kita pelajari jika kita senang belajar hal-hal mengenai kehidupan dan self-improvement.








Ada beberapa museum-musem di dalam Fo Guang Shan yang dapat kita kunjungi saat kita berada di sana, salah satunya adalah museum mengenai asal muasal terbentuknya organisasi dan gedung Fo Guang Shan ini.


Melihat kisah satu biksu ini dan apa yang sudah dilakukan organisasi ini untuk dunia, membuat aku sangat kagum. Filosofi dari ajaran ini pun sangat indah dan baik.







Selain itu juga ada museum mengenai kelahiran Shidarta Gautama, mungkin jika ada yang tertarik dapat mengunjungi dan membaca sejarah kehidupannya juga. Museumnya interaktif dan tidak membosankan.


Menurut aku jika kalian punya rencana untuk jalan-jalan ke Taiwan, kalian bisa mencoba mengunjungi tempat ini untuk mencari kedamaian dan juga belajar banyak hal. Terkadang jalan-jalan itu gak hanya foto-foto cantik dan makan enak, jika ada hal yang dapat kita pelajari dalam setiap perjalanan; dapat meningkatkan pengetahuan dan membuka wawasan kita juga terhadap dunia.


No comments: