Friday, October 12, 2018

Healthy and Refreshing Breakfast

Muesli adalah salah satu sarapan kesukaan aku, selain sehat juga sangat mengenyangkan. Muesli itu sebenarnya adalah campuran Oat dengan buah-buahan kering, biji-bijian dan juga kacang-kacangan. Pertama kali aku menemukan tentang Muesli sekitar tahun 2013, saat itu aku masih di Jakarta. Mencari Muesli di Jakarta tidak begitu sulit, ada banyak merk-merk yang tersedia di berbagai supermarket yang menjual makanan import. 






Bahan dasar Muesli adalah Oat, kalian bisa membuat Muesli sendiri jika kalian sudah punya preference mengenai bagaimanakah campuran Muesli yang kalian sukai. Biasanya, kalau kita membeli Muesli yang sudah dibungkus dan dijual secara komersil, campurannya adalah sebagai berikut:


whole grains, rolled oats, dried fruits (biasanya raisin, apricot, dll), sunflower seed, almonds, cashews, dan kacang-kacangan lainnya


Kadang tergantung jenis Muesli nya juga.


Sebenarnya aku agak bingung untuk bikin post ini dalam bahasa Indonesia karena ada beberapa bahan-bahan yang terjemahannya sama saat di translate ke bahasa Indo, jadi aku tetap pakai nama aslinya yah.

Aku bikin post ini karena banyak yang nanya aku soal breakfast yang sering aku post di Instagram Story dan aku tau banyak orang Indo yang malas untuk membaca dan research sendiri karena kebanyakan artikel seperti ini dalam bahasa Inggris. (bahkan kalau dalam bahasa Indonesia pun mereka malas untuk membaca, maunya nanya dan langsung diberi tau tanpa usaha dulu)

Eits, jangan baper dulu, ini kenyataan. Coba kalian tanyakan dulu ke diri kalian masing-masing seberapa banyak kalian membaca hal yang bermanfaat dalam sehari (buku/journal/artikel) dan kalau masih denial bisa search di google 'orang Indonesia malas membaca'.


Ayo mulai rajin membaca :D


Jadi karena alasan itu, post ini aku sengaja tulis dalam bahasa Indonesia. Aku tulis berdasarkan pengalaman real aku waktu cari-cari bahan di Indo supaya kalian bisa cari di Indonesia juga, karena aku tau beberapa bahan-bahan memang tidak mudah didapat di sana. Kalaupun ada, harganya gak ramah.




Jadi sekarang kita sudah punya basic-nya. Kalian bisa beli Muesli langsung di supermarket seperti: Farmer's Market 99, Food Mart, PRIMO atau The Foodhall. Dulu waktu di Indo aku selalu beli Muesli yang merknya Carman's, buatan Australia. Kalau aku tidak salah ingat, dulu waktu aku beli 1 kotak harganya sekitar 85.000 s/d 100.000-an untuk 500 gram, aku lupa tepatnya harganya berapa tapi kira-kira segitulah budget yang kalian butuhkan untuk membeli Muesli.

Saat ini aku rasa lebih mudah untuk membeli Muesli karena sekarang banyak toko-toko online yang menjual, bahkan sudah diproduksi juga di Indonesia. 

Untuk membeli produk-produknya kalian bisa search sendiri di google karena aku tidak bisa sembarangan rekomendasi karena aku tidak pernah mencoba beli Muesli secara online.

Mungkin kalau kalian ada yang tau dan pernah coba bisa rekomendasikan ke aku? :)



Alternatif lainnya jika kalian tidak ingin membeli namun ingin membuat sendiri Muesli yang kalian suka, kalian bisa campur sendiri bahan-bahannya. Tapi karena bahan-bahannya agak sulit didapat dan cenderung mahal (seperti kacang-kacangan), kalau kalian tidak makan setiap hari jadinya agak mubazir.

Aku biasanya tidak selalu sarapan ini setiap hari, kadang aku selingi dengan makanan lain supaya tidak boring. Apalagi dulu di rumah hanya aku yang suka sarapan ini, jadinya lama sekali habisnya dan karena cuaca di Indo yang cenderung panas, kadang baunya bisa agak berubah jika terlalu lama disimpan. Pastikan simpan di tempat kering, sejuk dan tidak lembab. 

Karena itu dulu aku lebih memilih untuk beli yang sudah jadi saja, biasanya 1 kotak bisa bertahan untuk beberapa minggu. Namun jika kalian komitmen akan selalu sarapan ini setiap hari, lebih baik kalian campur sendiri sesuka kalian.


Kali ini aku akan share dua resep Muesli ala aku sendiri, biasanya resep aslinya mereka menggunakan buah-buahan kering, tapi aku tidak begitu suka buah-buahan kering karena untuk aku rasanya terlalu manis. Jadi aku ganti dengan buah-buahan yang masih fresh.



Yang pertama

ini tipe Muesli kesukaan Mat. Dia suka menggunakan susu yang lebih banyak dan full, plus aku tambahin madu karena dia suka manis. Untuk kali ini, aku membuat campuran Muesli sendiri karena Muesli yang kita suka sedang out of stock, sambil menunggu stocknya ada kembali aku pakai bahan yang ada saja di rumah.




Bahan-bahannya:

1. Porridge Oat (contohnya Oatmeal Quaker Oat, ini gampang banget kalian dapat di supermarket)
2. Pisang, dipotong-potong
2. Apel, dipotong kecil-kecil
3. Grapefruit 
4. Blackberry 
5. Walnut
6. Almond
7. Hazelnut
8. Chia Seed
9. Madu
10. Almond Milk


Cara membuat:

Semua bahan dicampur aja jadi satu, bisa langsung kalian makan dan nikmati.


Sebenarnya untuk buah-buahan kalau aku pribadi tidak ada patokan buah apa yang harus dimasukan dalam campuran Muesli, kalian bisa campur buah apa saja yang kalian sukai untuk kalian nikmati.

Misalnya Grapefruit bisa kalian ganti dengan buah-buah Citrus lainnya seperti jeruk, biasanya aku selalu pakai campuran berries karena aku suka sekali. Minggu lalu kami beli banyak Grapefruit karena sedang musim jadi harganya murah, aku pikir dicampur di Muesli rasanya pasti fresh dan juicy.

Untuk Blackberry bisa kalian ganti dengan Strawberry, Blueberry atau Raspberry. Atau bisa juga kalian mix semuanya supaya lebih ada variasi.


Susu yang aku gunakan biasanya bukan susu sapi karena aku alergi, jadinya Mat juga ikutan minum susu dari kacang-kacangan. Favorite aku Soy dan Almond, aku sudah pernah cobain juga yang lain seperti Groundnut dan Cashew tapi gak begitu suka. Kalian bisa gunakan susu sapi full cream, low-fat ataupun skim milk sesuai dengan selera kalian.




Yang kedua,

ini kesukaan aku, bahan dasarnya sama seperti punya Mat namun ada beberapa bahan tambahan yang berbeda.




Bahan-bahannya:

1. Porridge Oat
2. Pisang, dipotong-potong
2. Apel, dipotong kecil-kecil
3. Grapefruit 
4. Blackberry 
5. Walnut
6. Almond
7. Hazelnut
8. Chia Seed
9. Almond Milk
10. Organic Greek Yogurt (Honey)
11. Redcurrant purée 


Cara membuat:

Sama saja seperti yang diatas namun yang berbeda karena aku pakai Almond Milk-nya lebih sedikit dan aku tambahkan Greek Yogurt. Alasannya karena aku suka banget Greek Yogurt dan kalau dicampur dengan Apel itu enaknya luar biasa! Lalu ada tambahan Redcurrant purée yang aku buat sendiri, rasanya manis-asam segar gitu.


Kenapa aku pakai Almond Milk-nya sedikit?

Tujuannya hanya untuk melembutkan Oat. Aku suka Oat yang lembut dan masih ada gerigi-nya kalau digigit. Kalau dengan air panas, tekstur Oat akan benar-benar menjadi seperti bubur dan namanya sudah bukan Muesli lagi.


Perbedaan tekstur Muesli aku dan Mat adalah: Muesli Mat lebih basah dan seperti soup, kalau punya aku creamy seperti es krim yang sudah mencair.




Kenapa sih cici makan Muesli?


Alasannya karena:

1. Mengandung banyak fiber dan bagus untuk pencernaan
2. Mengenyangkan, jadi cocok sekali bagi kalian yang ingin menguruskan badan
3. Dapat menurunkan kolesterol
4. Mengandung banyak mineral, vitamin dan antioksidan
4. Tinggi protein
5. Enak dan menyegarkan


Aku harap dengan post ini kalian jadi lebih mengerti tentang makanan ini dan alasan kenapa aku sering sekali makan Muesli untuk sarapan. Bahkan aku sengaja ajak Mat untuk makan Muesli juga dan sekarang dia selalu minta setiap pagi. Kalian cobain deh, ajarin keluarga kalian untuk makan juga, gak bakal nyesel!  :)


Kalau kalian ada pertanyaan lagi, bisa tinggalin di kolom komentar yah. Thank you!

No comments: