Saturday, October 13, 2018

Bullring Open Market

Minggu-minggu pertama waktu kami baru sampai di Birmingham, kami selalu belanja di supermarket. Alasannya karena dekat sekali dengan flat kami dan ada 4 supermarket besar yang berbeda di sepanjang jalan itu, di tambah juga dengan beberapa toko-toko kecil yang menjual bahan-bahan makanan.

4 supermarket tersebut adalah Sainsbury's, Aldi, Tesco dan Seoul Plaza. Dari namanya saja kalian sudah tau kan yang mana yang supermarket Asia? :)






Pengeluaran kami untuk belanja grocery mirip dengan jumlah uang yang kami keluarkan jika kami belanja di supermarket seperti Farmer's dan Primo, tergolong cukup tinggi sih. Tapi kami gak punya pilihan lain selain belanja di supermarket karena mudah dijangkau dan kami tidak perlu beli tiket bus atau kereta untuk belanja dulu. Di sini transportasi sangat mahal, untuk naik bus bolak balik ke City aku bisa menghabiskan uang hampir £4, untuk Mat £1 sekali jalan karena dia student

One-day tiket yang aku beli pun tiket yang paling murah, jadi dalam 1 hari itu sebenarnya aku bisa kemana saja menggunakan tiket ini, lebih gak berasa rugi kalau kami berpergian yang jauh sih. Tapi karena tujuannya ke City, mau tidak mau aku harus membeli tiket ini.


---


Suatu hari kami jalan-jalan ke City Centre karena sedang mengurus laptop aku yang error. Mat sudah cerita ke aku mengenai open market ini atau kalau dalam bahasa Indonesia berarti pasar terbuka, jadi aku sebagai ibu rt penasaran ingin mengunjungi pasar ini. Aku ingin lihat-lihat bahan-bahan apa saja yang mereka jual di sini dan tentu saja yang paling penting, cek harga dan kualitasnya.




Di open market, mereka banyak menjual sayur-sayuran dan buah-buahan. Aku cukup terkejut karena harga yang ditawarkan tergolong terjangkau dengan kualitas yang baik, yang lebih mengejutkan adalah disaat mereka mulai akan tutup mereka akan banting harga sangat murah. 'Wow!', pikirku.


Yang sangat menarik perhatianku adalah buah-buahannya, seperti biasa di supermarket buah termasuk cukup mahal apalagi golongan berries; Strawberry, Blueberry, Raspberry dan Blackberry. Biasanya jika di supermarket harganya antara £1.50 - £2.5 untuk sekitar 250 - 300 gram per kotak. Harganya bisa kalian convert sendiri di google dari pounds ke rupiah tergantung nilai tukar saat ini yah.  :)


Di sini mereka menjual 1 bowl Strawberry dan Blueberry seharga £1, bayangkan, 1 pounds saja! 1 bowlnya menurut perhitungan Mat ada lebih dari 500 gram, murah sekali kan? Dan kalau sudah sore, biasanya mereka banting harga jadi £1.50 untuk dua bowl, what??? 


Apalagi waktu bulan September aku kesana, berries nya sedang bagus sekali, besar-besar dan ranum. Rasanya benar-benar enak dan segar!


Untuk kualitas menurut kami lebih bagus dari Aldi, karena biasanya berries di Aldi masih belum terlalu matang jadi kalau dimakan langsung berasa ada yang kurang. Di Sainsbury's kualitasnya lebih bagus dan konsisten, tapi harganya lebih mahal sedikit dari Aldi. Kalau sedang tidak kepepet kami jadi sering belanja ke pasar untuk stok buah-buahan sekalian jalan-jalan di city.





Selain buah-buahan ada telur, jagung dan juga bawang-bawangan. Rata-rata cara menjual mereka menggunakan bowl, mungkin karena supaya cepat dan tidak ribet saat transaksi. Ada beberapa toko yang tidak menjual menggunakan bowl namun harganya tergolong masih terjangkau dibandingkan di supermarket.


Pasar ini tidak begitu besar dan cukup bersih sehingga rasanya cukup nyaman belanja di sini.




Aku dan Mat sempat tertarik untuk beli beberapa tanaman untuk kami tumbuhkan di rumah, namun tidak jadi karena sebentar lagi akan winter. Kami ragu tanaman-tanaman ini akan bertahan setelah winter dan kami tidak punya pengalaman bercocok tanam, jadi kami memutuskan untuk research dulu mengenai tanaman sebelum kami memutuskan untuk membeli, kalau kami merasa kami mampu baru kami akan mencoba menanam mereka di kebun.








Selain bahan-bahan makanan, di open market ini juga ada yang menjual kain-kain, ah aku jadi teringat masa lalu ketika aku masih aktif bikin baju di Comicou. Dulu sebelum berangkat, Mat sempat menawarkan untuk mengirim mesin jahit portable aku dari Indo ke UK supaya aku bisa membuat baju lagi, namun aku tidak begitu yakin karena sebelumnya aku tidak tahu akan semudah ini mencari kain di sini.


Lagipula kami belum pasti akan settle di UK selamanya, jadi daripada nanti ribet pindah-pindahan lagi, aku putuskan untuk tidak membawa barang-barang yang berat dan besar.




Sebenarnya setelah aku menghitung pengeluaran, tentu saja lebih murah kalau belanja di pasar. Namun ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan seperti masa expired bahan-bahan tersebut, terutama buah-buahan. Walaupun disimpan di dalam kulkas, beberapa buah-buahan memang tidak bisa bertahan terlalu lama, kadang akan tumbuh jamur juga jika terlalu lembab saat disimpan.


Setiap membeli buah-buahan di sini, kami dapat dalam jumlah yang cukup banyak untuk kami berdua, apalagi jika kami membeli bawang-bawangan, baru akan habis dalam waktu lebih dari 2 minggu. Jadi semisalkan kalian di sini tinggal sendiri, kalian pasti akan kesulitan menghabiskan semua bahan-bahan yang kalian beli tanpa mereka menjadi busuk.


Saran aku, ajak teman kalian untuk beli dan dibagi dua, jadi kalian bisa mengkonsumsi bahan-bahan yang kalian beli dalam kondisi yang masih fresh. Selain itu, kalian tidak perlu terpaksa makan makanan yang sama terus demi menghabiskan mereka sebelum mereka rusak atau busuk.


Atau kalau mau bagi dua sama aku juga boleh.  :)


Btw, tepat di samping open market ini ada market lainnya yang menjual daging-daging fresh juga seperti ayam, lamb, sapi dan juga seafood. Selain itu mereka juga ada yang menjual peralatan makan, peralatan masak dan juga barang-barang yang kita butuhkan sehari-sehari.


Awalnya sebelum ke sini Mat sempat nanya aku mau tinggal dekat City Centre atau di pinggiran, aku memilih untuk tinggal di pinggiran karena lebih tenang dan aku lebih suka suasana yang seperti itu untuk tinggal. Semisalkan kalian tinggal di dekat City, dekat sekali untuk belanja kesini. Atau misalkan kalian sedang main ke Birmingham, kalian bisa mampir kesini hanya untuk beli buah-buahan segar yang sedang musim di sini.




No comments: