Search This Blog

TRANSLATE THIS BLOG

Tuesday, July 09, 2024

REVIEW RICE COOKER CUCKOO

Hi guys, mungkin yang follow insta aku uda tau kalo aku ada beli rice cooker baru dengan merk Cuckoo. Aku ada bikin reels untuk lucu-lucuan aja dan aku post karena hasilnya lumayan bagus juga videonya. Tapi, sebenarnya aku belum cerita terlalu banyak kan mengenai alasan kenapa aku mutusin untuk beli rice cooker ini dan lain sebagainya. Aku adalah seorang blogger (was and will always be), jadi aku akan cerita soal ini di blog aku. Silakan lanjut membaca untuk tau lebih detail soal rice cooker Cuckoo ini, karena review dan ceritaku bakal agak panjang.


Trigger Utama
Rice cooker Miya** aku yang semakin hari semakin menurun performanya. Aku yang setiap hari makan nasi merah, merasa sangat kesulitan memasak dengan rice cooker ini. Setiap kali masak air selalu meluap dan dinding rumah berantakan terkena cipratan nasi merah. Lalu, inner pot juga sudah mulai jelek dan terkelupas coatingnya. Aku takut berbahaya bagi kesehatan kalau aku pakai terus.


Proses Pencarian
Jadi, selama beberapa hari aku terus mencari dan baca-baca mengenai rice cooker. Mulai dari review orang biasa terutama di forum, karena forum biasanya lebih netral opininya. Beda dengan yang di sosmed, yang biasanya berlebihan karena dikasih gratis barangnya. Selama proses pencarian itu, aku menemukan banyak fakta yang mencengangkan hingga aku juga ikut buang panci-panci non stick aku yang sudah mulai tergores.



Kenapa gak jadi beli merk Z
Sebenarnya, awalnya aku mau beli yang merk Z, tetapi setelah banyak pertimbangan rasanya aku kok kurang yakin untuk dapat tekstur nasi yang aku suka. Lalu, untuk dapatin kemampuan Gaba Rice, aku mesti upgrade ke rice cooker yang harganya 7 jutaan lebih. Aku cek komen banyak orang beli rice cooker Z karena sangat diagungkan sama U.R, ya gak apa sih, tapi, aku mikir apa aku rela keluar duit 7 juta hanya untuk rice cooker aja. Selain itu, aku coba mencari tau juga mengenai inner pot merk Z, tapi sangat minim info dan aku nemu beberapa sharing yang bilang inner potnya gak se-lasting itu dibanding dengan harganya. Lalu, aku juga coba menghubungi cs mereka tetapi menurutku kurang informatif dan kurang ramah untuk sekelas merk ini. Aku cek juga hasil-hasil nasinya, kebanyakan orang yang beli rice cooker Z penggemar nasi putih. Sedangkan aku uda hampir gak pernah makan nasi putih.


Tekstur nasi
Aku cek banyak video hasil nasi menggunakan rice cooker Z yang harganya 3,5 juta lebih itu, hasil nasinya lumayan bagus tapi kelihatan agak mushy, nempel gitu (bukan sticky yang berbentuk utuh), dan hasil masaknya itu butirannya gak satu satu. Nangkep gak maksud aku? Aku lihat di harga yang 7 juta itu baru bisa tekstur nasi kaya butiran fluffy satu satu yang pulen gitu. Aku gak ngerti ini karena mesinnya atau yang masak, video reviewnya ini juga aku cek di teman yang aku kenal dan dia masak mengikuti takaran si rice cooker ini. So, aku coba pertimbangkan dan cari alternatif lain yang lebih 'cocok'.



Kenapa Cuckoo?
Waktu di UK, aku punya teman orang Korea dan pernah makan di tempat dia. Dia pakai rice cooker Cuckoo dan nasinya enak banget, teksturnya aku sangat suka karena pulen, kenyal dan mudah dicerna. Dia orangnya sehat, sering masak mixed grain rice dan nasi nasi lain selain nasi putih. Karena kepikiran teman aku ini, akhirnya aku malah stop riset soal rice cooker Z dan beralih cari tau soal rice cooker Cuckoo.



Hasil dari pencarian soal Cuckoo
Awalnya aku shock karena banyak banget review jelek soal merk rice cooker ini di Amazon. Selain itu, ternyata banyak orang suka bandingin Z sama Cuckoo dan rata-rata pada bilang Z lebih tahan lama, tapi Cuckoo lebih canggih dan inovatif. Lalu, aku nemu tipe rice cooker pressure Cuckoo CRP-R0612F ukuran 1 L ini dengan inner pot Diamond coating dan stainless steel 304, made in Korea. Again, pasti ada review jelek, tapi banyak juga yang sangat puas. Aku bacain satu-satu dan sampai ke satu kesimpulan, tergantung pemakaian dan penggunanya, karena banyak juga review yang sangat bagus mengenai rice cooker Cuckoo. Apalagi, tipe yang aku beli ini uda bisa masak Gaba Rice dan aku yakin bakal cocok untuk aku yang selalu makan nasi merah ini.


Harga
Rice cooker Cuckoo seri ini rata-rata dijual di harga 2-2,2 jutaan.



First Impression
Bodynya bagus kokoh, berat dan kelihatan banget bahan yang digunakan bagus. Pancinya berat, solid dan inner pot dia beda dengan rice cooker lain yang pernah aku sentuh. Aku sempat cek rice cooker Cuckoo di EC (tapi beda seri), yang ini jauh lebih bagus (ya beda harga juga sih) dan aku merasa gak salah beli yang made in Korea ini. Inner pot-nya juga canggih karena ada handlenya yang anti panas, memudahkan kalau mau angkat pot keluar dalam keadaan panas.


Nasi merah normal tapi direndam biasa beberapa jam (karena kelupaan)


Pertama Kali Masak
Aku terbiasa masak nasi tidak pakai takaran cup karena uda terbiasa dengan takaran rice cooker lama. Yang ini, aku coba gunakan takarannya tapi airnya aku lebihkan dikit. Maklum terbiasa pakai rice cooker biasa, masak nasi merah airnya harus lebih banyak dari nasi putih supaya empuk dan edible. Hasil pertama nasiku sticky banget, tapi menurutku ini karena aku terlanjut rendam dulu 4 jam dan kebanyakan air karena aku tidak mengikuti takaran. Walaupun gitu, tekstur nasinya sangat enak, mudah dikunyah, dan berasa makan nasi enak.


Nasi gaba germinasi 2 jam


Masak Gaba Rice
Okay, kalian harus tau kalo gaba rice itu bagus banget untuk badan kita, dan buatnya jadi gampang pakai rice cooker ini. Aku pertama kali coba buat dengan waktu germinasi selama 2 jam, hasilnya nasinya super super enak. Dia tuh nasinya pulen, sticky, tapi gak mushy. Bulir-bulir nasinya tetap berbentuk bulat sempurna dan fluffy. Rasanya enak banget, beda sama nasi biasa, tapi belum muncul kecambah. Mungkin aku harus set waktu germinasinya selama 6 jam. Next time, aku mau coba germinasi 6 jam untuk tau bedanya apa. Nanti aku review lagi di blog untuk topik Gaba rice ya, kalian harus tau ini untuk hidup yang lebih sehat!


Nasi gaba germinasi 4 jam


Fitur keep warm
Di rice cooker Cuckoo, terdapat fitur keep warm yang dilengkapi dengan layar yang menunjukkan sudah berapa lama nasi kita berada di dalam pot. Fitur ini sangat berguna bagi aku, terutama karena keluargaku kecil (hanya aku dan suami), jadi sering ada sisa nasi. Kami biasanya membiarkan sisa nasi ini tetap hangat di dalam rice cooker seharian, supaya saat mau makan, nasi masih panas seperti baru dimasak. Dengan adanya tampilan waktu di layar, aku jadi tahu sudah berapa lama nasi ini dihangatkan. Biasanya, jika sudah lebih dari 24 jam, aku akan memasukkannya ke dalam kulkas.




Pembelian berhasil
Wah jujur, aku sangat bahagia dengan pembelian aku ini karena awalnya aku hampir beli rice cooker yang harganya 2 kali lipat tapi tidak ada fitur Gaba ricenya. Menurut aku, kalau mau beli barang jangan hanya beli karena semua orang bilang bagus dan harganya mahal. Melainkan, apakah barang itu akan cocok dengan kebutuhan kita atau tidak. Jujur aku merasa sangat cocok dengan rice cooker Cuckoo ini karena aku suka fitur Gaba Rice-nya dan hasil tekstur nasinya sesuai dengan selera aku. Harganya juga bagus karena di bawah budget aku, karena awalnya aku kan ngincer yang merek Z.


Cuckoo X-wall diamond coating, aku baca salah satu coating terbaik di rice cooker keluaran kuku


Konstipasi karena makan nasi
Kalian ada gak yang kaya aku? Makan nasi bikin susah BAB? Nah selama ini aku gitu. Aku berhenti makan nasi putih karena entah kenapa bikin aku susah BAB. Oleh karena itu, aku beralih ke nasi merah yang lebih banyak fiber dan sehat. Tapi, nasi merah tidak mudah dimasak dan baunya 'padi' banget. Ternyata, selama ini cara masakku yang biasa agak kurang tepat untuk nasi merah. Dengan fitur gaba rice ini, nasi merah favoritku jadi pulen dan wangi. Lebih mudah dicerna juga karena termasak dengan sempurna.


Untuk tahan lamanya, aku belum tau karena baru beli kan. Mungkin dalam beberapa bulan kalau ada masalah akan aku review lagi supaya bisa jadi update bagi kalian. Tapi, so far rice cooker ini perfect bagiku.


Bagi kalian yang ingin cek cek rice cooker Cuckoo bisa mengunjungi toko-toko pilihan di bawah ini yah:

1. Beli di Official store

2. Cuckoo Low Watt Rice Cooker

3. Cek di Toko Distributor, harganya biasanya lebih murah sedikit dari toko official. Aku kebetulan beli di toko ini, dan tenang aja, rice cooker cuckoo punyaku original kok. 

4. Cuckoo Pressure Rice Cooker, ini rice cooker yang digunakan oleh teman koreaku yang tinggal di Inggris.


Btw sebagai disclaimer, rice cooker ini aku beli pakai uangku sendiri, bukan di endorse oleh Cuckoo ya. Reviewku jujur berdasarkan pengalamanku selama menggunakan rice cooker Cuckoo selama kurang lebih semingguan. So far, rating yang aku berikan adalah 5/5 karena aku belum menemukan kekurangannya sama sekali. xx

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok