Search This Blog

TRANSLATE THIS BLOG

Monday, April 29, 2024

Suji Suan Cai Yu

Hallo guys, di post ini aku ingin bercerita pengalamanku makan di Suji Suan Cai Yu - Best Sichuan Fish Soup restaurant. Sebagai seseorang yang mengutamakan gaya hidup sehat dan mindfulness, kulineran bukanlah prioritas utamaku. Namun, sesekali, saat berkelana di luar bersama suami, kami tentu mencari tempat makan siang yang lumayan 'sehat' dan enak. Pada hari itu, setelah kami berdua selesai memanjakan diri di salon Number 76, kami memutuskan untuk mampir ke Ashta District 8 yang letaknya strategis tak jauh dari salon.



Sudah beberapa kali kami ingin lunch di sini, tetapi tidak jadi karena biasanya kami lebih memilih makan di Shori Sushi. Namun, mungkin karena terlalu sering, rasa bosan mulai menyelinap, dan kami pun mulai mencari alternatif lain seperti Chinese Food atau Dim Sum. Dan kali ini, pilihan kami jatuh pada Suji—sebuah keputusan yang ternyata membawa kejutan yang menyenangkan.

Memasuki restoran, kami disambut dengan pelayanan yang bisa dibilang tidak terlalu ramah, namun cukup membantu ketika kami menanyakan detail menu. Kami memaklumi mungkin karena mereka sedang menjalankan ibadah puasa, jadi kami pun berusaha untuk tidak menjadi tamu yang rewel, lol.

Sebelumnya, aku sudah mempersiapkan daftar menu yang ingin aku pesan dari menu online mereka untuk menghemat waktu. Pertanyaanku hanya seputar kandungan babi dan ayam dalam menu, wkwk. Dan inilah pesanan kami untuk hari itu:

1. Ikan Goreng Sayur Asin

2. Bubur Seafood Kolagen

3. Tahu Jepang Saus Yu Xiang

4. Nasi putih 2

5. Teh


Suamiku yang bahagia menunggu makan :)

Kami benar-benar terkejut ketika Ikan Goreng Sayur Asin disajikan—porsinya sangat besar! Aku sempat khawatir tidak akan bisa menghabiskannya, tapi sepertinya suamiku sudah kelaparan dan ia yakin pasti akan habis.


Ikan goreng sayur asin

Ikan Goreng Sayur Asin (Gurame)

Dihadapkan pada pilihan antara ikan gurame dan kerapu, aku memilih gurame yang lebih ramah di kantong, meskipun aku kurang menyukai ikan air tawar. Namun, aku punya trik jitu: menggoreng gurame terlebih dahulu untuk mengurangi bau khas ‘tanah’ yang seringkali mengganggu. Dan ternyata, trik ini berhasil! Aku menikmati setiap suapan ikan sayur asin ini, meskipun sesekali masih tercium aroma khas yang cukup kuat. Bagi suamiku, hal ini bukanlah masalah, karena indera penciumannya tidak sepeka milikku.

Rasa dari hidangan ini sungguh memanjakan lidah, dengan sayur asin yang menjadi bintangnya. Tekstur ikan yang lembut dan porsi yang melimpah membuatnya semakin istimewa. Meski bagi lidahku, sedikit keasinan terasa—mungkin efek dari sayur asinnya. Tingkat kepedasan yang standar membuatnya tidak terlalu pedas, cocok untuk mereka yang tidak terbiasa dengan rasa Mala yang menyengat.

Dan apakah akhirnya habis? Tentu saja, suamiku menyantapkannya dengan lahap, mengatakan bahwa rasanya luar biasa enak.



Bubur seafood collagen

Bubur Seafood Collagen

Menu favoritku di Suji adalah Bubur Seafood Collagen. Aku memang penggemar bubur, dan bubur seafood ini memiliki rasa yang lembut, aroma yang menggoda, tanpa sedikit pun bau amis. Awalnya, aku khawatir mereka menggunakan kolagen dari ayam atau babi, namun ternyata berasal dari ikan. Pengalaman menikmati bubur kolagen ini begitu berkesan, sehingga aku yakin akan kembali ke Suji hanya untuk menyantapnya lagi.



Tahu jepang saus yu xiang dengan rasa yang spesial

Tahu Jepang Saus Yu Xiang

Apakah kalian tahu bahwa Yuxiang 鱼香 secara harfiah berarti ‘aroma ikan’? Ini adalah perpaduan bumbu khas dalam kuliner Tiongkok, yang berawal dari Sichuan dan kini telah mendunia.

Tahu Jepang dengan saus Yu Xiang ini menawarkan rasa asam manis yang sedikit pedas, namun unik dan tidak sama dengan saus asam pedas Indonesia. Ada sentuhan rasa cuka hitam yang spesial, yang entah mengapa sangat disukai oleh suamiku. Tekstur tahu yang lembut dan saus yang membangkitkan selera membuat hidangan ini tak terlupakan.



Porsinya sangat amat besar untuk dua orang


Untuk kategori harga, ternyata masih cukup terjangkau mirip-mirip dengan range harga restoran Duck King dan Ni Hao. Sebenarnya, jika hanya memesan menu ikan sayur asin saja sudah sangat cukup untuk dinikmati berdua. Hanya saja, karena aku ingin sekali mencoba buburnya, maka daripada penasaran lebih baik aku pesan saja.

Selain makanannya yang enak, suasana di restoran juga nyaman, dingin dan tidak berisik. Setiap meja yang memesan menu Ikan Sayur Asin akan dikejutkan oleh sambutan pelayan yang berteriak setiap makanannya telah terhidang di meja, jadi siap-siap untuk terkejut ya.

Overall, kami sangat menikmati makan di Suji Suan Cai Yu cabang Astha District 8 dan sudah pasti kami akan mampir lagi jika nanti ke sini lagi, atau mungkin mencoba cabang yang di PIK.


Disclaimer: Tolong dicatat bahwa ini di cabang yang di Ashta ya. Untuk cabang Suji yang lain aku kurang tahu apakah suasana restoran dan rasa makanan sama atau tidak. 

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok