Search This Blog

TRANSLATE THIS BLOG

Thursday, June 15, 2023

APA ITU CRUELTY-FREE? NO ANIMAL TESTING?

Sejak saya memelihara kelinci, saya mulai membeli produk-produk dengan label cruelty-free yang bisa diartikan tidak ada kekejaman. Ini berarti semua produk cruelty-free tidak melakukan tes kepada hewan sebelum memasarkan produk mereka. Brand-brand ini juga biasanya tidak menggunakan bahan-bahan yang telah di tes terhadap hewan untuk pembuatan produk mereka. Bahkan, banyak orang lebih percaya jika brand-brand cruelty-free ini telah mendapatkan label dari PETA dan Leaping bunny.

photo from ethical elephant


Untuk mendapatkan label-label cruelty-free dari organisasi di atas tidaklah mudah karena mereka harus memenuhi berbagai macam syarat agar dapat membuktikan bahwa brand mereka benar-benar tidak pernah melakukan eksperimen terhadap hewan.

Beberapa syarat yang perlu mereka penuhi adalah:
1. Tidak melakukan eksperimen terhadap hewan baik dari bahan-bahan dan juga produk akhir mereka
2. Tidak menjual produk mereka di negara China karena pemerintah China mengharuskan produk kosmetik dari luar perlu di tes dulu ke hewan sebelum dapat berjualan di China :(

Selain cruelty-free dan juga no animal testing, ada satu label lagi yang biasanya sangat penting bagi banyak orang yaitu label vegan. Jika sebuah produk memiliki label vegan, maka produk tersebut hanya menggunakan bahan-bahan yang di ekstrak dari tumbuhan dan sama sekali tidak menggunakan bahan dari hewan. Label vegan biasanya pasti disertai dengan label no animal testing ataupun cruelty-free untuk membuktikan bahwa produk tersebut benar-benar aman digunakan bagi yang anti dengan produk yang melakukan kekejaman terhadap hewan. Jika ada label vegan, berarti benar-benar totalitas.

photo from humane society - beberapa logo yang bisa dipercaya


Saya adalah pecinta hewan dan alam, karena itu saya sangat peduli mengenai hal ini. Menurut saya tes produk ke hewan adalah hal yang sangat kejam dan tidak perlu dilanjutkan lagi mengingat sudah ditemukan alternatif yang lebih baik. 

Cara saya untuk mendukung stop animal testing/animal cruelty adalah dengan membeli produk-produk dengan label cruelty free, no animal testing dan juga vegan. Saya tidak langsung membuang semua produk-produk yang saya miliki sebelumnya karena tidak sustainable dan mubazir. Jadi saya tetap akan menggunakan semua produk-produk saya di rumah yang tidak cruelty-free sampai habis dan masa expired datang. Sebisa mungkin, saya akan menghindari membeli brand-brand yang tidak cruelty-free karena tidak sesuai dengan nilai-nilai yang saya pegang.



Membeli produk cruelty-free adalah sebagai bentuk protes saya terhadap brand-brand yang masih menggunakan cara kejam dengan menyiksa hewan untuk merilis sebuah produk. Dengan saya mendukung dan membeli produk-produk yang cruelty-free maka para petinggi di perusahaan kosmetik akan melihat bahwa masyarakat sudah mulai aware mengenai hal ini dan prefer produk-produk yang cruelty-free dan no animal testing. Ini akan berdampak sangat baik terhadap hewan-hewan malang di laboratorium yang tersiksa setiap hari 24/7.

Jika kamu sama seperti saya yang peduli dan perhatian dengan topik ini, mohon bantu saya untuk menyebarkan awareness dengan sharing di social media kalian. Bisa juga dengan sharing dan edukasi orang-orang di dekat kalian.

Sejauh apakah saya berkomitmen untuk mencari dan menggunakan produk yang cruelty-free? Saya akan bahas ini di post lain yah. :)

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok