Search This Blog

TRANSLATE THIS BLOG

Thursday, May 04, 2023

Harga Sekolah Fashion di Indonesia 2023

Dulu, sebelum saya masuk sekolah fashion di tahun 2010, saya telah melakukan banyak riset untuk mencari sekolah-sekolah fashion yang ada di Jakarta. Beberapa bahan pertimbangan saya adalah kurikulum pengajaran dan juga tentu saja harganya.


Bagi sebagian orang brand sekolahnya tidak penting, namun bagi saya cukup penting karena sekolah dengan nama yang bagus telah memberikan kesempatan yang besar juga dalam karir saya selama ini.

Berikut adalah beberapa sekolah fashion di Indonesia beserta dengan harga-harganya:

1. Esmod Jakarta cabang dari Paris
Untuk program 1 tahun, harga total yang perlu dibayarkan adalah sebesar 209.400.000 belum termasuk biaya-biaya pengerjaan tugas praktek selama sekolah. Sedangkan untuk program full year-nya selama 4 tahun memiliki total sebesar 513.550.000 belum termasuk biaya tugas praktek selama sekolah dan lain-lainnya.

2. Lasalle College Jakarta cabang dari Singapore
Saya tidak mendapatkan dengan jelas berapa biaya untuk masuke ke sekolah ini.

3. Istituto di Moda Burgo Indonesia
Harga untuk sekolah fashion di sini berkisar di harga 350.000.000 ++ belum termasuk dengan biaya-biaya  pengerjaan tugas praktek selama sekolah.

4. Raffles cabang dari Singapore
Saya tidak mendapatkan dengan jelas berapa biaya untuk masuk ke sekolah ini.

5. BINUS Northumbria School of Design
Saya tidak mendapatkan dengan jelas berapa biaya untuk masuk ke sekolah ini.


Menurut saya, harganya yang mahal juga pastinya kita akan mendapatkan kualitas yang luar biasa pula. Bisa dilihat design-design oleh anak-anak yang belajar di sekolah fashion ternama biasanya lebih trendy, modern, classy, dan artistik ketimbang lulusan di tempat lain. Walaupun tidak semua, namun mayoritas seperti itu.

Menjadi fashion designer berbeda dengan menjadi penjahit maupun jika hanya mengerti membuat pola saja. Menjadi designer berarti belajar mengolah konsep, membuat ide baru dan juga menciptakan karya-karya baru dari permasalahan yang ada.

Sekolah fashion memang harganya sangat mahal, karena itu sebelum masuk hal-hal yang perlu diperhatikan adalah passion dan niat untuk belajar. Tugas-tugas di sekolah fashion sangat sulit dan banyak, karena itu perlu sekali setidaknya basic skill agar lebih mudah dalam mengikuti program sekolah.

Tentu saja nanti saat masuk pasti akan diajarkan dari dasar oleh para pengajar, tetapi, sepengalaman saya dan teman-teman satu angkatan tetap saja sangat sulit mengikuti terutama yang tidak bisa menggambar sama sekali. Banyak sekali yang saat masuk kesulitan untuk mengikuti pelajaran dan tertinggal dari teman-teman lain karena kurang mampu secara skill.





Karena itu, saya selalu menyarankan kepada calon-calon murid fashion yang baru untuk at least dapat mengikuti short course fashion design or fashion related course terlebih dahulu agar memiliki basic skill dan pengetahun yang mumpuni agar dapat mengerjakan tugas dengan baik.

Tidak semua anak berbakat, namun skill itu bisa diasah selama dipelajari dengan benar dengan tutor yang baik dan tau cara mengajar dengan mudah kepada murid. 

Tentu saja pilihan kursus fashion sangat beragam dan banyak jenisnya. Fashion Course di Shanboone Academy dirancang untuk memberikan pelajaran-pelajaran dan pengetahuan basic di bidang fashion sebelum masuk ke sekolah fashion. Program 6 bulan ini juga sangat cocok bagi siswa yang penasaran dan ingin belajar fashion design tapi masih ragu apakah jurusan ini adalah jurusan yang cocok. 

Dengan mengikuti program selama 6 bulan di Shanboone Academy, kamu akan diajari cara menggambar figure fashion yang benar sesuai standard dunia fashion, teknik mewarnai dengan berbagai media yang ada, mengembangkan skill gambar, belajar riset fashion yang benar, belajar men-design sebuah baju sesuai konsep, mengolah design dan mengembangkannya, membuat konsep sebuah baju dan beragam skill yang diperlukan untuk masuk ke dunia fashion dan juga seni.

Setelah program 6 bulan, murid biasanya sudah dapat menggambar dengan lebih baik dan bisa mengembangkan skillnya sendiri untuk digunakan di dunia fashion maupun dunia seni yang lain. Basic-basic kemampuan menggambar juga dapat dikembangkan untuk terjun ke dunia illustrasi, graphic design, design animasi dan yang lainnya. Jangan pernah menutup kesempatan yang datang!

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok