Wednesday, May 15, 2019

Saus Pedas Manis untuk Ayam Goreng Tepung ala Korea



Kali ini aku mau share resep saus lumuran untuk ayam goreng ala korea-korea gitu yang simple dan mudah banget. Kebetulan aku gak suka masak yang terlalu ribet, jadi kalau kamu juga ingin menikmati ayam goreng pedas manis ala korea tapi gak mau ribet, bisa mencoba resep aku.



Sorry yah setelah sekian lama aku masak-masak dan share di ig story, aku baru sempat sharing di blog. Maklum profesinya ada dua sekarang, jadi harus pintar-pintar bagi waktu supaya tidak kecapean dan drop badannya.



Saus pedas manis untuk ayam goreng tepung ala korea


resep ini untuk 12 potong sayap ayam (masih agak lebih) atau 450gr ayam potong.


Bahan-bahan:

  • Gochujang - 2 sendok makan
  • Gula - 3 sendok makan
  • Kecap asin korea/jepang - 1 sendok makan
  • air putih - 1/2 cup
  • Sriracha sauce / sambel botol cap jempol - 1 sendok makan
  • Garam - 1/4 sendok teh (atau sesuai selera)
  • Cabe bubuk (kalo bisa yang dari Korea/Thailand) - banyaknya sesuai selera, ini kalau dirasa masih kurang pedas (jangan menggunakan cabe giling!)
  • Red Wine (anggur merah) / optional - 1 sendok makan 







Cara membuat:

1. Semua bahan dimasukan ke dalam panci anti lengket kecuali red wine, panaskan dengan api kecil sambil diaduk-aduk sampai merata. Di saat saus sudah mulai panas dan agak sedikit mendidih, masukan red wine dengan cepat dan diaduk-aduk.

2. Perhatikan dengan baik, disaat saus sudah mulai membentuk bubble-bubble kecil, agak kental, tandanya sudah harus dimatikan.

3. Tuang saus pedas manis ala korea ke atas ayam goreng tepung yang sudah selesai digoreng, aduk-adukdan lumuri supaya semua bagian ayam terkena saus.



Di post ini aku menggunakan sayap ayam, kalian dapat menggunakan bagian ayam manapun yang kalian sukai. Bisa juga menggunakan daging ayam tanpa tulang, ikan kakap, maupun paikut (non halal).







Kalau kalian malas menggoreng sendiri ayamnya, kalian bisa beli jadi (misalnya McD atau chicken strip KFC) dan jadikan saus ini sebagai cocolan yang unik. Selamat mencoba!



Love,


Comi

No comments: