Sunday, July 26, 2020

Cara Instalasi Presets Lightroom di Ponsel

Lightroom presets adalah preset yang berfungsi seperti filter untuk foto supaya foto terlihat lebih indah dan memberikan kesan tertentu. Aplikasi Lightroom ini gratis dan dapat kamu download di iOS maupun Play Store. Aku sering mendapatkan pertanyaan mengenai Lightroom dan preset, jadi akan aku jelaskan step by step untuk instalasinya yah dan mengapa Apps ini dapat berguna untuk kamu.

Foto menggunakan aesthetically preset nomor 4

Aplikasi Lightroom ini dulunya tidak ada untuk ponsel, namun sejak dibikin versi ponselnya - otomatis menjadi populer di kalangan orang-orang yang menggunakan sosial media. Seperti yang aku bilang di atas, aplikasi ini gratis dan kamu tidak perlu bayar premium untuk menggunakan. Bedanya dengan yang premium adalah ada beberapa fungsi yang tidak ada di versi gratisnya, namun jika hanya untuk memakai preset dan mengubah tingkat keterangan dan warna, versi gratisnya saja sudah cukup.

Versi premium Lightroom ponsel tidak dapat digunakan untuk export Presets dalam bentuk file .DNG. Untuk hal ini, kamu perlu subscribe Adobe Lightroom untuk Mac/Pc sebesar £9.99 per bulan. Aku sendiri subscribe ke Adobe supaya bisa menggunakan Lightroom di MAC Book aku.

Aplikasi ini adalah versi lebih simple untuk mengedit foto dalam jumlah banyak, apalagi dengan adanya preset akan mempermudah dan mempercepat proses editing. Di bawah ini aku akan menjelaskan step by step cara instalasi preset dalam bentuk file .DNG ke dalam Lightroom ponsel.


1. Download App di Play Store/Apple Store, pastikan kamu punya space yang cukup.


2. Setelah download lekas buka Appnya lalu tampilannya akan seperti ini. Klik tombol Add Photo yang berada di kanan bawah layar.


3. Setelah itu, pilih file-file dengan tulisan RAW yang merupakan file preset dalam bentuk .DNG untuk diimport ke dalam Lightroom. Kemudian tekan ADD.



4. Setelah itu, klik All Photos untuk melihat file presets yang telah diimport.


4. Ke empat presets telah berhasil diimport. Sekarang yang perlu kamu lakukan adalah menyimpan settingan presetnya di Lightroom kamu hingga siap digunakan. Mari kita mulai dari file nomor 1, klik gambar untuk melihat file.


5. Setelah di klik file nomor 1, geser kursor ke arah kiri untuk mencari tombol Presets seperti di gambar bawah ini. Klik tombolnya untuk mulai menyimpan file.


6. Klik tombol di sebelah kanan bawah yang sejajar dengan User Presets untuk mulai menyimpan. Semua preset-preset yang akan kamu install akan tersimpan di User Presets.



7. Klik Create Preset untuk mulai menyimpan settingan ini.


8. Beri nama preset sesuai jenis preset beserta penomorannya supaya mempermudah penggunaan selanjutnya, kemudian klik tombol centang untuk menyimpan.


9. Setelah menyimpan, preset bisa langsung digunakan. Lakukan hal yang sama untuk menyimpan semua preset.


10. Setelah semua preset disimpan, kamu tinggal mengimport semua foto-foto yang ingin kamu beri filter. Tinggal 1 klik maka foto akan langsung berubah.


Preset-preset yang telah disimpan di user preset dapat kamu gunakan untuk seterusnya. Tinggal 1 klik seperti video di bawah ini akan langsung mengubah foto kamu menjadi sesuai dengan tema presetnya.



Hal-hal yang perlu diperhatikan adalah hasil penggunaan preset akan berbeda-beda tergantung foto awal sebelum diberi preset. Yang bisa kamu lakukan untuk menyesuaikan tingkat cahaya adalah memainkan tombol Brightness/Exposure dan juga Level untuk menaikkan tingkat cahaya di dalam foto. Preset-preset ini gunanya hanya untuk mempermudah, mempersingkat dan sebagai basic tone dalam editing kamu. Sisanya kamu dapat berkreasi lagi sendiri. :)

Jika kamu tidak mau pusing untuk menyetting sendiri tone untuk foto kamu, maka Lightroom presets akan sangat membantu.

Semoga penjelasanku mudah dimengerti yah! :)

No comments:

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok