Monday, July 20, 2020

Aesthetically Preset Lightroom Mobile

Hallo, kali ini aku mau cerita mengenai preset yang baru saja selesai aku setting. Sebagai graphic designer yang sudah lulus dari tahun 2008, bukan hal yang aneh jika aku dapat menggunakan aplikasi-aplikasi editing seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator dan juga Adobe Lightroom. Dari dulu, tiga aplikasi ini selalu menemani aku untuk job designer yang aku kerjakan. ☺️


Mulai beberapa tahun yang lalu, aku sudah sering mengedit foto dengan membuat preset sendiri, hanya saja aku gak pernah kepikiran untuk jual preset karena aku gak nyangka preset gini di jual(?). Lalu, setelah 'ngeh' banyak yang jual, aku pikir sudah banyak sekali orang yang jual jadi aku pikir buat apa aku ikutan dan aku asumsi banyak orang yang ngerti pakai Lightroom. Ternyata setelah ngobrol-ngobrol sana sini, baru ngeh banyak orang masih gak tau apa itu Lightroom dan fungsinya untuk mengedit foto supaya lebih cantik dan presentable.


Nyatanya banyak partner-partner design bertanya-tanya cara mengedit foto yang mudah untuk bisnis mereka, salah satunya design rumah dan interior. Mengetahui itu, aku mikir kenapa aku gak coba iseng aja bikin preset untuk tone foto yang lebih estetik, lalu jadi deh ini. Cukup lama sih proses untuk membuat preset ini karena aku mikir dari segi orang biasa yang gak punya kamera bagus dan gak ngerti editing sama sekali. Preset ini juga mengalami beberapa revisi dan masukan-masukan supaya lebih baik lagi.

Untuk pakai Lightroom di ponsel sangat mudah dan simple, lebih gampang dari yang buat PC. Waktu pertama kali launch App Lightroom jaman dulu aku langsung download (karena gratis) dan tanpa subscribe pun alat-alat basic untuk mengedit bisa digunakan, hanya saja memang lebih limited ketimbang yang di App store sekarang. Paling enggak basic tools seperti Brightness dan Level bisa digunakan untuk mempercerah atau mempergelap sedikit jika presetnya kurang pas, karena foto sebelum di-edit setiap orang beda-beda. Namun, dengan membeli preset mempersingkat waktu edit dan mempermudah sekali bagi yang gak begitu ngerti.

Aesthetically Preset ini berjumlah 4 buah, aku kasih nomor aja biar gampang dari 1 sampai 4. Preset ini gak hanya cocok untuk interior (walaupun awal setting tujuannya untuk ruangan), namun untuk potrait, produk dan baju juga cocok.








Kalian bisa membeli preset ini di store aku di sini, nanti akan ada admin yang akan melayani kalian. Kalau mau beli E-booknya juga boleh sekalian, karena aku senang sekali kalau ada yang mulai belajar masak atau sering masak juga. Merasa punya teman, lol. And aku juga happy kalau kalian jadi punya gaya hidup yang lebih baik. :D

Aku berharap preset-preset ini bisa membantu teman-teman yang punya usaha dan bisnis supaya hasil foto-fotonya bisa lebih professional. Karena sebagai anak design yang pernah menghadapi berbagai klien rewel, aku ngerti banget kalau visual yang aesthetically pleasing itu sangat membantu jualan dan membuat customer lebih percaya.

Untuk foto-foto yang ingin dibuat sedikit lebih gelap boleh menggeser kursor jika ingin hasil yang lebih natural karena preset ini memang dibuat untuk orang yang tidak begitu mengerti editing dan ingin proses yang mudah untuk mendapatkan hasil yang bagus. Dengan menggunakan preset ini, kamu tinggal klik satu kali di App Lightroom dan hasil fotonya akan langsung cantik.

Foto ini menggunakan preset nomor 1

Foto ini menggunakan preset nomor 3


Foto ini menggunakan preset nomor 4, cocok untuk foto yang lebih gelap sebelumnya

Foto yang masih mentah yang belum diedit sama sekali akan memberikan hasil yang lebih natural dan terbaik. Kamu bisa mulai bereksperimen dengan foto-foto kamu jika kamu memang hobby fotografi dan editing karena aku merasa untuk ke depannya media-media yang aesthetically pleasing akan selalu dibutuhkan di dunia media sosial.

Jika kamu penasaran dan merasa butuh entah karena hobby atau untuk bisnis, kamu dapat mencobanya. Semoga bisa selalu menginspirasi teman-teman, God bless you! :)

No comments:

Tips Untuk Mencari Pasangan Yang Cocok