Wednesday, May 01, 2019

TOFU Stir Fry with Seafood and X.O Sauce




Banyak sekali yang request resep kesukaan Mat ini lewat Instagram. Mungkin karena aku sering sekali share, jadi banyak sekali yang penasaran seenak apa sih masakan ini sampai suami aku nagih banget? Sebenarnya sih alasan utamanya karena Mat suka makan tahu dan seafood.



Waktu itu aku iseng beli saus X.O botolan dari China, rencananya mau masak Cumi. Tapi aku iseng masak dengan tahu dan seafood, ternyata enak banget! Saus X.O asalnya dari Hongkong, saus ini terbuat dari Conpoy (dried scallop), udang kering (EBI), cabai dan Jin Hua ham (ham dari kota Jin Hua di China). Kalau dari bahan-bahannya, saus ini aslinya memang tidak tergolong halal.


Jadi bagi yang muslim bagaimana bisa tetap menikmati saus X.O? Bisa bikin sendiri atau cari saus X.O yang tidak mengandung Jin Hua Ham tersebut seperti merk Lee Kum Kee atau yang dijual restoran Duck King.


Kalau aku memilih untuk tidak buat sendiri sausnya karena kami hanya tinggal berdua, jadi tidak terlalu boros saus kalau masak, biasa 1 botol saus aku bisa masak berkali-kali. Kalau bikin sendiri saus X.O nya, satu batch bisa beberapa botol dan gak bagus kalau disimpan terlalu lama juga, jadi alternatifnya aku beli saus botolan saja.


Cara bikin sausnya gampang sih, bahan-bahan keringnya tinggal digiling halus dan digoreng bersama minyak sampai wangi dan harum.




Kalau sudah ada sausnya, cara masaknya gampang banget, tapi kamu butuh Tahu yang bagus supaya masakan ini lebih berasa enak. Tahu yang digunakan harus yang halus (soft), jangan pakai Tahu kuning atau Tahu yang biasa digunakan untuk menggoreng, hasilnya gak maksimal nanti.


Kalau kalian mau pakai Tahu Jepang atau Tahu telur (yang biasa dijual di supermarket) juga bisa, tapi teksturnya lebih hancur biasanya.


Aku menggunakan tahu sutra yang aku beli dari toko bahan-bahan asia dekat rumah. Dulu di Indo ada satu penjual tahu langganan mama, biasanya mama titip cicinya beli di pasar. Tahunya ENAK dan lembut sekali, harganya juga sangat murah. Di UK tahu 1 kotak harganya 50.000-an, berkali-kali lipat. lol




Selain tahu yang perlu kalian siapkan adalah Seafood, terutama udang, cumi-cumi dan ikan. Biasanya kalau disini aku beli seafood mix yang isinya ada udang, cumi-cumi dan kerang. Kalau lagi ada stok ikan putih, aku tambahkan ikan juga supaya lebih mantap.





Bahan-bahan:

1. Tahu - 1 kotak, potong-potong dadu

2. Seafood - secukupnya

3. Jamur (aku pakai Chestnut Mushroom) - secukupnya

4. Saus X.O (homemade/botolan) - 2 sendok makan

5. Kecap Ikan - 1 sendok makan

6. Cabe giling - pedasnya sesuai kemampuan

7. Bawang putih - 1-2 siung potong-potong

8. Daun Bawang - secukupnya potong-potong tipis

9. Tepung Maizena (1 sendok makan) + air (2 sendok makan)

10. Garam + Gula / Micin (optional) - secukupnya

11. Shao Xing Wine - 1 sendok makan

12. Black Bean (optional)



Cara Memasak:

1. Panaskan minyak di wajan, masukan bawang putih, masak sampai harum.

2. Masukan saus X.O, black bean dan cabe giling , masak sebentar sampai harum dan masukan jamur, masak sampai lunak.

3. Masukan seafood, masak sebentar sampai setengah matang lalu masukan tahu yang sudah dipotong-potong, tuangkan sedikit air, masak sampai mendidih.

4. Tuang kecap ikan, garam dan micin sesuai selera, aduk sampai merata dan masukan daun bawang.

5. Masukan larutan tepung maizena ke dalam tahu, aduk-aduk dengan cepat karena akan mengental. Matikan api dan sajikan dengan nasi hangat!





Selamat menikmati. Kalau kalian ada yang coba resep ini jangan lupa untuk share ke aku yah, semoga kalian suka!  :)



Love,


Comi

No comments: